Apple Akan Pindahkan Sumber Daya Teknisi iPad ke Tetangga Indonesia - Beritasatu

Apple Akan Pindahkan Sumber Daya Teknisi iPad ke Tetangga Indonesia

Sabtu, 9 Desember 2023 | 10:59 WIB
Penulis: Whisnu Bagus Prasetyo | Editor: WBP
Ipad Air.
Ipad Air.

Hanoi, Beritasatu.com - Apple mengalokasikan sumber daya pengembangan produk iPad ke tetangga Indonesia, yakni Vietnam. Demikian dilaporkan Nikkei pada Jumat (8/12/2023) mengutip sumber yang mengetahui masalah tersebut.

ADVERTISEMENT

Dikutip dari E.Vnexpress, Apple bekerja sama dengan BYD Tiongkok, perusahaan perakit utama iPad, untuk memindahkan sumber daya pengenalan produk baru (new product introduction/NPI) ke Vietnam. 

BACA JUGA

Laporan itu menambahkan ini adalah pertama kalinya Apple memindahkan sumber daya NPI ke Vietnam untuk perangkat utama tersebut.

ADVERTISEMENT

Verifikasi teknik uji produksi iPad akan dimulai pada pertengahan Februari 2204. “Model tersebut akan tersedia pada paruh kedua tahun depan,” kata Nikkei.

Peralihan sumber daya teknik NPI ini difokuskan pada model entry level, bukan seri iPad Pro premium.

NPI memerlukan sumber daya besar baik dari perusahaan teknologi maupun pemasoknya, seperti insinyur dan investasi pada peralatan laboratorium untuk menguji fitur dan fungsi baru.

BACA JUGA

Selama ini, sebagian besar NPI Apple dilakukan di Tiongkok bekerja sama dengan para insinyur di AS. Namun, ketidakpastian geopolitik memaksa Apple beralih ke luar Tiongkok.  

Pemasok Apple, seperti Luxshare dan Foxconn juga berinvestasi di negara Asia Tenggara awal tahun ini sebagai wujud diversifikasi produksi dari Tiongkok.

Apple dan BYD tidak menanggapi permintaan komentar Reuters.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin