Hacker Korut Gencar Serang Pengguna MacBook, Gunakan Modifikasi Malware - inews

Hacker Korut Gencar Serang Pengguna MacBook, Gunakan Modifikasi Malware Hacker Korut Gencar Serang Pengguna MacBook (Foto: unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Sepak terjang hacker asal Korea Utara (Korut) semakin mengkhawatirkan. Hacker Korut digadang-gadang gencar membuat malware yang bisa membuat software macOS rusak parah. 

Dilaporkan Apple Insider, hacker Korut berhasil meretas berbagai perusahaan besar dan membuat kegaduhan mengkhawatirkan. Salah satu korbannya adalah Sony Pictures. 

Sekarang di penghujung 2023, SentinelOne melaporkan hacker Korut getol menyerang pengguna macOS. "Dua hacker dari Korea Utara yaitu RustBucket dan KandyKorn merupakan dua aktor utama serangan ke macOS sepanjang 2023 ini," kat Apple Insider.

Strategi serangan kedua hacker berbeda. RustBucket mencoba membuat pengguna macOS lengah dengan memodifikasi malware dari SwiftLoader sebagai aplikasi PDF Viewer. 

Begitu pengguna macOS tertarik menggunakan aplikasi itu, maka MacBook yang digunakan langsung bisa diretas. Sementara KandyKorn memanfaatkan tren blockchain untuk hacking. 

Hacker menggunakan skrip Python dan memasang backdoor RAT agar pengguna macOS lengah. SentinelOne menyebutkan hacker dari Korea Selatan (Korsel) memiliki kesamaan yang khas. 

Hacker Korsel menggunakan kembali infrastruktur bersama. "Jadi hal itu bisa dipantau untuk memahami aktivitas dan menemukan indikator baru," tutur SentinelOne.

SentinelOne menyarankan agar pengguna macOS melakukan pencegahan sehingga tidak jadi korban hacker Korut. Anda diimbau agar tidak membuka dokumen yang ditemukan atau dikirimkan kepada mereka dari sumber yang tidak dapat dipercaya, dan waspada terhadap pembaruan keamanan.

Saat ini memang tidak diketahui mengapa hacker Korea Utara menyerang pengguna macOS. Namun, menurut SentinelOne Apple berupaya menjaga sistem operasi buatan mereka seaman mungkin.

Editor : Dini Listiyani

Follow Berita iNews di Google News

banner-litigasi
Kirimkan pertanyaanmu seputar hukum, Kami siap menjawab dan membantu permasalahanmu.
kirim
Bagikan Artikel:




KOMENTAR

Artikel Terkait

Hacker Korea Utara Diduga Dalangi Pencurian Kripto Senilai Rp521 Miliar

Hacker Korea Utara Diduga Dalangi Pencurian Kripto Senilai Rp521 Miliar

AS Sanksi Tornado Cash karena Terlibat Pencucian Uang Hacker Korea Utara

AS Sanksi Tornado Cash karena Terlibat Pencucian Uang Hacker Korea Utara

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)