Ini Dia Gemini, Model AI Pesaing ChatGPT Buatan Google - Tempo

Ini Dia Gemini, Model AI Pesaing ChatGPT Buatan Google

Editor

Kamis, 7 Desember 2023 10:32 WIB

  • Logo baru Facebook yang dicetak 3D terlihat di depan logo Google yang ditampilkan dalam ilustrasi ini yang diambil pada 2 November 2021. REUTERS/Dado Ruvic/IllustrationBagikan

  • image social
  • image social
  • image social
  • image social
Iklan

TEMPO.COJakarta - Alphabet, perusahaan holding bentukan Google, pada hari Rabu waktu Amerika Serikat atau Kamis, 7 Desember 2023 WIB, memperkenalkan model kecerdasan buatan tercanggihnya. Ini sebuah teknologi yang mampu mengolah berbagai bentuk informasi seperti video, audio, dan teks.

Iklan

Disebut Gemini, model AI yang sangat ditunggu-tunggu oleh pemilik Google ini mampu memberikan penalaran yang lebih canggih dan memahami informasi dengan tingkat nuansa yang lebih besar dibandingkan teknologi Google sebelumnya, kata perusahaan itu.

Baca Juga:

“Era model baru ini mewakili salah satu upaya sains dan rekayasa terbesar yang kami lakukan sebagai sebuah perusahaan,” tulis CEO Alphabet Sundar Pichai dalam sebuah postingan blog.

Sejak peluncuran ChatGPT OpenAI sekitar setahun yang lalu, Google telah berlomba untuk memproduksi perangkat lunak AI yang menyaingi apa yang diperkenalkan oleh perusahaan yang didukung Microsoft (MSFT.O).

Google menambahkan sebagian dari teknologi model Gemini baru ke asisten AI-nya Bard pada hari Rabu, dan mengatakan pihaknya berencana untuk merilis versi Gemini yang paling canggih melalui Bard awal tahun depan.

Baca Juga:

Alphabet mengatakan sedang membuat tiga versi Gemini, yang masing-masing dirancang untuk menggunakan jumlah kekuatan pemrosesan yang berbeda. Versi paling kuat dirancang untuk dijalankan di pusat data, dan versi terkecil akan berjalan secara efisien di perangkat seluler, kata perusahaan itu.

Gemini adalah model AI terbesar yang pernah dibuat oleh unit AI Google DeepMind milik perusahaan tersebut, namun "jauh" lebih murah untuk melayani pengguna dibandingkan model perusahaan sebelumnya yang lebih besar, kata Wakil Presiden Produk DeepMind Eli Collins kepada wartawan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Jadi tidak hanya lebih mumpuni, tapi juga jauh lebih efisien,” kata Collins. Model terbaru masih memerlukan sejumlah besar daya komputasi untuk melatihnya, namun Google terus meningkatkan prosesnya, tambahnya.

Alphabet juga mengumumkan generasi baru chip AI yang dibuat khusus, atau unit pemrosesan tensor (TPU). Cloud TPU v5p dirancang untuk melatih model AI besar, dan digabungkan dalam pod yang terdiri dari 8.960 chip.

Versi baru dari prosesor pelanggannya dapat melatih model bahasa besar hampir tiga kali lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya. Chip baru ini tersedia untuk pengembang dalam "pratinjau" pada hari Rabu, kata perusahaan itu.

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Berita Selanjutnya

LAPORAN UTAMA

Rekomendasi Artikel

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.

Google Luncurkan Model AI Gemini untuk Mengalahkan GPT-4

3 jam lalu

Logo Google. REUTERS

Gemini adalah lompatan besar dalam model AI yang pada akhirnya akan mempengaruhi hampir semua produk Google.

Rusia: Dukungan Barat Jadikan Ukraina Vietnam Kedua dan Akan Hantui AS Bertahun-tahun

4 jam lalu

M109 Paladin adalah howitzer self-propelled, sering disebut mobile artillery atau artileri bergerak, kaliber 155 mm. Paladin dikembangkan oleh Ground System Division of United Defense LP (sekarang BAE Systems Land and Armaments). M109 Paladin mulai memperkuat militer Amerika Serikat sejak awal dekade 1960-an. Artileri ini telah mengalami banyak pertempuran, seperti Perang Vietnam, Perang Yom Kippur, Perang Irak-Iran, Perang Teluk, dan Perang Irak. M109 Paladin telah mengalami beberapa kali modernisasi untuk menyesuaikan dengan teknologi perang yang semakin canggih. Hingga kini, M109 telah dikembangkan sebanyak12 varian. wikipedia.org

Rusia mengatakan dukungan Barat terhadap Ukraina akan mengubah konflik tersebut menjadi "Vietnam kedua" dan akan menghantui AS bertahun-tahun

Senat AS Tolak Tambahan Bantuan untuk Israel dan Ukraina

5 jam lalu

Presiden AS Joe Biden disambut oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, saat ia mengunjungi Israel di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan Hamas, di Tel Aviv, Israel, 18 Oktober 2023. REUTERS/Evelyn Hockstein

RUU pengeluaran darurat untuk menyediakan miliaran dolar bantuan keamanan baru bagi Ukraina dan Israel diblokir di Senat Amerika Serikat.

Pelaku Penembakan di AS yang Tewaskan 6 Orang Ditangkap, Diduga Bunuh Ayah-Ibu Kandung

8 jam lalu

Ilustrasi penembakan. timeout.com

Penembakan di AS yang dilakukan secara berantai membuat geger. Pelaku penembakan yang menyebabkan 6 orang tewas ditangkap.

Menteri Keuangan AS Umumkan Sanksi terhadap 15 Warga Meksiko Penyelundup Fentanil

9 jam lalu

Menteri Keuangan AS Janet Yellen bertemu dengan perwakilan komunitas bisnis AS di Tiongkok di Beijing, 7 Juli 2023. REUTERS/Thomas Peter

Pemerintahan Biden mengumumkan sanksi dan dakwaan baru terhadap warga Meksiko dalam upaya mengekang aliran fentanil ke AS.

AS dan Turki Kompak Tolak Rencana Israel Bentuk Zona Penyangga di Gaza

11 jam lalu

Sejumlah warga Palestina tinggal di tenda setelah meninggalkan rumahnya akibat serangan Israel di sebuah kamp di Rafah, saat konflik antara Israel dan Hamas, di Jalur Gaza selatan, 6 Desember 2023. REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa

AS dan Turki menolak permintaan Israel membentuk zona penyangga di Gaza. Menurut AS, Israel tak boleh mengambil wilayah Gaza.

8 Cara Mengatasi Error Something Went Wrong di Play Store

13 jam lalu

Ilustrasi android 13. Shutterstock

Cara mengatasi error something went wrong di Play Store

Induk Facebook & Instagram Segera Kenalkan Fitur Watermarking, buat Transparansi

13 jam lalu

Meta Platforms, induk Facebook, Instagram dan WhatsApp akan memperkenalkan fitur watermarking untuk beberapa produk AI.

Tiga Orang Tewas dalam Penembakan di Universitas Nevada Las Vegas

14 jam lalu

Petugas penegak hukum menuju ke kampus UNLV setelah laporan adanya penembak aktif di Las Vegas, Nevada, AS 6 Desember 2023. Steve Marcus/Las Vegas Sun melalui REUTER

Tiga orang tewas dan seorang lainnya luka parah akibat penembakan oleh pria bersenjata di Universitas Nevada, Las Vegas, Amerika Serikat pada Rabu.

Pekerja Ini Rentan Kena Asam Sulfat, Zat Kimia yang Ramai Dibahas Gara-gara Gibran

17 jam lalu

Asam sulfat dan Asam Folat. Shutterstock

Pekerja luar ruangan seperti penambang berisiko lebih tinggi terkena asam sulfat, terutama yang bergerak di bidang batu bara, minyak atau gas yang dibakar.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin