Kapan Android 14 Bergulir? - medcom

 

Kapan Android 14 Bergulir?

Lufthi Anggraeni - 16 Desember 2023 15:15 WIB
Kapan Android 14 Bergulir?
Android 14 telah mulai digulirkan ke sejumlah perangkat namun masih banyak model perangkat yang menunggu kehadirannya.
Jakarta: Google mungkin telah merilis Android 14 mulai bulan Oktober lalu, namun sistem operasi terbaru ini belum diterima oleh semua perangkat. Dalam beberapa tahun terakhir, Google telah berupaya untuk mengurangi jeda antara waktu ketersediaan Android terkini pada perangkat Pixel dan perangkat pihak ketiga.

Namun, jeda penerimaan sistem operasi terbaru Google antara kedua perangkat tersebut masih ada hingga tahun 2023 ini. Hingga saat ini, banyak produsen smartphone yang masih menguji antarmuka berbasis Android 14 karya mereka.

Menurut penelusuran Engadget, Asus mulai menguji Android 14 secara publik di Amerika Serikat pada tanggal 10 Oktober lalu. Saat ini, versi beta hanya tersedia di perangkat unggulan karya Asus, Zenfone 10.

Asus enggan berkomentar soal waktu pengguna Zenfone 10 dapat menerima Android di perangkat mereka, dan menegaskan bahwa waktu ketersediaan sistem operasi tersebut sangat bergantung pada stabilitas dan hasil dari pengujian beta dari anggota komunitas terdaftar Asus.

Selain Zenfone 10, hanya sejumlah ponsel Asus lain yang akan menerima Android 14 akibat kebijakan Asus saat ini terkait dukungan terhadap perangkat terbarunya dengan dua update platform. Sebagai pengingat, ponsel terlama Asus yang akan mendapatkan update Android 14 yaitu Zenfone 9 dan ROG Phone 6.

Sementara itu, sebagai perangkat utama Android, Google merupakan salah satu produsen smartphone pertama yang akan mendapatkan sistem operasi Android 14 versi stabil. Sebagian besar perangkat lini Pixel, hingga Pixel 4a 5G 2020, telah memiliki akses ke Android 14 sejak tanggal 4 Oktober lalu.

Dari Pixel 8 series, Google telah berjanji akan mendukung perangkat selanjutnya selama tujuh tahun. Android 14 Pixel Feature Drop pertama akan dirilis pada bulan Desember ini, dan sembari menunggu, pengguna dapat bergabung ke program Android Beta for Pixel untuk mencoba dua versi beta dari Quarterly Platform Release (QPR) Android 14 pertama.

Versi QPR Android 14 ini termasuk fitur yang akan tersedia pada Feature Drops selanjutnya. Sementara itu, Samsung mulai menggulirkan versi stabil dari antarmuka pengguna Android 14 karyanya, One UI 6, pada akhir bulan Oktober lalu.

Kendati Samsung menawarkan empat generasi dari update OS pada banyak perangkat terbarunya, ponsel model lebih lama seperti Galaxy S21 dan Galaxy A32 tidak akan luput dari pengguliran sistem operasi Android 14 ini.

Samsung telah melakukan update dalam porsi signifikan pada lini smartphone terkini, dari smartphone unggulan terbaru. Dengan dimulainya pengguliran oleh Samsung secara cepat, sebagian besar ponsel Galaxy yang memenuhi syarat dapat menerima pembaruan sebelum tahun 2024.

Selain Google, Xiaomi merupakan salah satu OEM pertama yang menggulirkan versi stabil dari Android 14 kepada pengguna perangkatnya. MIUI 14, antarmuka berbasis versi terbaru dari sistem operasi terbaru Google, telah tersedia di Xiaomi 13 Pro dan 12T.

Sayangnya, perangkat Xiaomi model lebih lama akan perlu menunggu lebih lama sebelum MIUI 14 tersedia di perangkat mereka. Sayangnya saat ini belum tersedia jadwal pasti Xiaomi akan melakukan update pada perangkat model lebih lama.

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(MMI)
  • Share on Whatsapp
  • Share on Line
  • Share on Twitter
  • Share on Facebook

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin