Puncak Harbolnas 2023, Mendag Zulhas Ajak Masyarakat Borong Produk UMKM - Beritasatu

Puncak Harbolnas 2023, Mendag Zulhas Ajak Masyarakat Borong Produk UMKM

Selasa, 12 Desember 2023 | 06:49 WIB
Penulis: Alfida Rizky Febrianna | Editor: WDP
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan.
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan. (Beritasatu.com/Dayat.)

Jakarta, Beritasatu.com - Puncak Hari Belanja Nasional (Harbolnas) 2023 akan berlangsung Selasa (12/12/2023) hari ini. Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) mengimbau masyarakat memanfaatkan momen ini untuk berbelanja produk lokal, khususnya produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

ADVERTISEMENT

"Puncak Harbolnas mulai jam 12.00 malam sampai jam 12.00 malam hari berikutnya. Banyak produk UMKM yang bagus dengan harga ekonomis," ujar Zulhas pada Senin (11/12/2023).

BACA JUGA

Zulhas lalu mengungkapkan, perekonomian Indonesia saat ini ditopang oleh UMKM, dengan kontribusi mencapai 60% dari produk domestik bruto (PDB) Indonesia. "Jadi UMKM sangat menentukan perekonomian Indonesia. Kuncinya UMKM maju, ekonomi maju," tegasnya.

ADVERTISEMENT

Untuk itu, pemerintah berharap UMKM semakin banyak bergabung ke platform niaga elektronik (e-commerce) agar semakin luas pemasarannya. Saat ini, pelaku UMKM sudah mulai merambah platform niaga elektronik dan mendapatkan berbagai macam manfaat terutama pasar yang semakin besar.

Lebih lanjut, Zulhas menutup pelaku UMKM yang bergabung di lokapasar (marketplace) akan berkesempatan untuk mendapatkan pelatihan seperti pengemasan, peningkatan kualitas, dan pemasaran produk.

"Melalui e-commerce produk UMKM Indonesia bisa menembus pasar di manapun. Untuk itu, UMKM ayo ikut e-commerce," tambah dia.

BACA JUGA

Sebagai informasi, Harbolnas 2023 dilaksanakan selama tiga hari, yang terdiri dari Hari Belanja Online Produk Nasional dilaksanakan pada 10-11 Desember 2023 dan puncaknya Harbolnas pada 12 Desember 2023.

Ada pun kegiatan ini diikuti pelaku usaha yang berdagang melalui platform digital, dengan menyediakan berbagai bentuk fasilitas ruang promosi barang dan/atau jasa, khususnya produksi dalam negeri.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin