Sosial Media
powered by Surfing Waves
0
News
    Ingin Cepat Kaya? Kerja, Jangan Judi - Kumpulan Informasi Teknologi Hari ini, Setiap Hari Pukul 16.00 WIB
    Home Featured Pilihan Sandiaga Uno TikTok Tokopedia UMKM

    TikTok Resmi Kerja Sama dengan Tokopedia, Sandiaga: Dampak ke UMKM akan Positif - tempo

    2 min read

    TikTok Resmi Kerja Sama dengan Tokopedia, Sandiaga: Dampak ke UMKM akan Positif

    Grace gandhi

    Senin, 11 Desember 2023 19:41 WIB

    TikTok adalah salah satu platform media sosial yang populer di seluruh dunia yang dilengkapi dengan berbagai fitur menarik di dalamnya. Foto: Canva

    TEMPO.COJakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno merespons positif kerja sama TikTok dengan GoTo atau Tokopedia. Seperti diketahui, TikTok akan menginvestasikan lebih dari US$ 1,5 miliar dalam kemitraan strategis ini.

    "Dampak ke UMKM (usaha mikro kecil menengah) akan positif. Paling tidak ke laporan penjuaan TikTok Shop yang sempat berhenti karena regulasi pemerintah," kata Sandiaga di Kantor Kemenparekraf, pada Senin, 11 Desember 2023.

    Diberitakan sebelumnya, pemerintah menutup layanan TikTok Shop, 4 Oktober lalu. Hal tersebut menyusul adanya kebijakan pemerintah Indonesia yang melarang media sosial memiliki fungsi ganda sebagai e-commerce dengan menyediakan layanan jual beli. Aturan tersebut tercantum dalam Peraturan Menteri Perdagangan atau Permendag Nomor 31 Tahun 2023.

    Karena itu, dengan kemitraan srategis ini, Sandiaga mengatakan, TikTok Shop kembali bisa terfasilitasi. Sebab, Tokopedia memiliki izin e-commerce.

    "Kami apresiasi TikTok karena menyesuaikan regulasi pemerintah," ujar Sandiaga.

    Advertising
    Advertising

    Kemitraan GoTo dengan TikTok diumumkan GoTo hari ini, Senin, 11 Desember 2023. Melalui keterangan resmi yang diterima Tempo via email, GoTo mengatakan investasi TikTok ke Tokopedia merupakan komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di Tokopedia.

    GoTo juga menyampaikan bahwa kemitraan strategis ini akan diawali periode uji coba yang dilaksanakan dengan konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait. Program yang akan diluncurkan di masa uji coba ini adalah kampanye Beli Lokal dimulai pada 12 Desember 2023 bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

    Dengan kemitraan strategis ini, GoTo juga mengklaim Tokopedia bersama TikTok berkomitmen memberi manfaat lebih luas kepada para pelaku UMKM di Indonesia. Selain itu, mendorong penciptaan jutaann lapangan kerja baru dalam lima tahun mendatang.

    Berita terkait

    Kasus Covid-19 Naik Menjelang Libur Nataru, Sandiaga Minta Masyarakat Tak Perlu Khawatir

    1 jam lalu

    Kasus Covid-19 Naik Menjelang Libur Nataru, Sandiaga Minta Masyarakat Tak Perlu Khawatir

    Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir soal naiknya kasus Covid-19 di Tanah Air.

    Terpopuler: Kemenhub Sebut 107,63 Juta Orang Lakukan Perjalanan saat Nataru, Calon Presiden Anies dan Ganjar Soroti Hal-hal Ini

    2 jam lalu

    Terpopuler: Kemenhub Sebut 107,63 Juta Orang Lakukan Perjalanan saat Nataru, Calon Presiden Anies dan Ganjar Soroti Hal-hal Ini

    Kementerian Perhubungan atau Kemenhub mengungkapkan jumlah pergerakan masyarakat selama Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun ini melonjak drastis.

    UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR Jadi Kunci Perkuat Ekosistem UMKM

    10 jam lalu

    Menteri BUMN Erick Thohir: UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR Jadi Kunci Perkuat Ekosistem UMKM

    Mulai Persiapkan Libur Nataru, Sandiaga Berikan Sejumlah Tips Berlibur

    12 jam lalu


    Komentar
    Additional JS