TikTok Shop Dibuka Lagi di Indonesia, Cek Fiturnya - Beritasatu
TikTok Shop Dibuka Lagi di Indonesia, Cek Fiturnya
Penulis: Tachta Citra Elfira | Editor: TCE

Jakarta, Beritasatu.com - TikTok resmi menjalin kemitraan strategis dengan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) di Indonesia. Kerja sama ini akan menggabungkan bisnis Tokopedia dan TikTok Shop di bawah PT Tokopedia.
Dalam pengumuman resminya, TikTok telah menggelontorkan dana lebih dari US$ 1,5 miliar (sekitar Rp 23,25 triliun) yang akan memegang kendali atas PT Tokopedia. Layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia.
Investasi tersebut difokuskan pada pemberdayaan dan perluasan pasar bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) nasional. Pengumuman ini juga dibagikan TikTok kepada para penjual (seller) di TikTok Shop melalui e-mail resminya.
"Mulai Senin, 11 Desember 2023 pukul 09.00 WIB, seller dapat mengakses dan mengelola produk di Seller Center. Pelanggan juga bisa mulai membeli produk melalui (fitur) Shop Tab, Video Pendek, dan sesi Live di aplikasi TikTok pada Selasa, 12 Desember 2023," ujar TikTok.
Sebelum memulai berjualan, penjual harus mengetahui lebih lanjut apa saja fitur yang ada di dalam TikTok Shop berikut ini.
1. Shop tab
Pada fitur ini penjual dapat menampilkan produk mereka di pasar produk baru dan pelanggan dapat dengan mudah mencari dan menemukan promosi. Rekomendasi produk akan ditampilkan melalui daftar produk dan konten yang dapat dibeli. Pelanggan juga dapat mengelola pesanan, semuanya dalam satu tab.
2. Video pendek
Penjual bisa membuat video pendek berisi promosi produk mereka dan menambahkan tag langsung ke video maupun saat mereka melakukan Live di umpan (feed) Untuk Anda (For You).
3. TikTok live shopping
TikTok live shopping adalah bentuk iklan online yang memungkinkan penjual untuk memamerkan produk mereka secara real-time melalui streaming langsung.
Dengan belanja langsung, penjual bisa berinteraksi dengan penonton atau pengikut dan memberi mereka pengalaman berbelanja yang mendalam tanpa meninggalkan aplikasi TikTok.
4. Etalase produk
Pelanggan dapat menjelajahi produk, baca ulasan, dan beli langsung dari profil penjual favorit. Penjual bisa menyusun koleksi produk khusus langsung di halaman profil mereka.
5. Iklan di TikTok Shop
Iklan TikTok Shop baru memberikan lebih banyak peluang bagi penjual untuk mempromosikan TikTok Shop mereka, sehingga pelanggan dapat menemukan dan menyelesaikan pembelian sekaligus.
6. Program Afiliasi
Kreator konten dapat terhubung dengan penjual melalui peluang pemasaran produk berbasis komisi baru. Kreator konten memiliki cara baru untuk memonetisasi kreativitas mereka dengan membagikan produk dalam video pendek dan streaming langsung.
Sementara, penjual dapat memilih paket Afiliasi yang paling sesuai untuk bisnis mereka.