Orang Miskin akibat Judi Online Jadi Beban Negara - IDXCHANNEL

10 Aplikasi Pinjol Legal Terdaftar OJK Terbaru Update 2024 - URban Digital

 

10 Aplikasi Pinjol Legal Terdaftar OJK Terbaru Update 2024

Listiorini Ajeng Purvashti·Aplikasi·21/01/2024

Pernah terpikir untuk meminjam dana secara online? Sebelum memutuskan untuk meminjam, sebaiknya pilih aplikasi pinjol legal yang sudah terdaftar di OJK. Kenapa begitu? Dengan aplikasi pinjol legal yang sudah resmi terdaftar di OJK maka pinjaman akan lebih aman, dan biasanya mereka cenderung memberikan bunga yang rendah sekitar 1% – 4%.

Selain itu, aplikasi pinjol legal juga biasanya tidak meminta akses ke data pribadi, seperti video atau foto. Bahkan, kabarnya sih aplikasi pinjol legal juga tidak akan memberikan tekanan yang tidak manusiawi.

Namun perlu dicatat bahwa aplikasi pinjol online juga mungkin bisa menjeratmu kapan saja. Maka dari itu, sebelum kamu memutuskan untuk benar-benar meminjam dana dari pinjol, sebaiknya pikirkan baik-baik.

Mungkin bunganya terkesan rendah, tapi tetap saja akan terasa berat jika dilakukan terus menerus. Jadi silakan gunakan beberapa rekomendasi aplikasi pinjol legal ini secara bijaksana dan tetap berhati-hati, ya.

Rekomendasi Aplikasi Pinjol Legal Indonesia

Di Play Store memang ada banyak aplikasi pinjol, tapi untuk aplikasi pinjol legal hanya ada beberapa saja, dan berikut kami rekomendasikan beberapa di antaranya.

1. UKU – Pinjaman Uang Online

UKU - Pinjaman Uang Online - aplikasi pinjol legal
sumber gambar: Play Store

Aplikasi pinjol legal pertama yang kami rekomendasikan adalah UKU. Sesuai dengan keterangan yang mereka tulis dalam Google Play Store bahwa mereka sudah terdaftar di OJK dengan nomo daftar Otoritas Jasa Keuangan S58/NB.213/2019.

Mereka mengklaim bahwa ada transparansi biaya di mana jangka waktunya berada sekitar 100 – 180 hari. Untuk bunganya sendiri dihitung per hari, yaitu 0,3%. Lalu, mereka juga menyediakan bunga tahunan (APR) sebesar maksimal 14%.

Nah, untuk yang tertarik, kamu bisa meminjam dana mulai dari 500 ribu hingga 12 juta rupiah. Selain itu, aplikasi buatan PT TEKNOLOGI MERLIN SEJAHTERA juga menjamin keamanan privasi dimana mereka akan melindungi data-data penggunanya.

2. Kredit Pintar

Kredit Pintar
sumber gambar: Play Store

Selanjutnya, kamu bisa coba aplikasi pinjol legal dengan nama Kredit Pintar. Dalam aplikasinya, pengguna atau peminjam diberi tenor atau batas waktu peminjaman dengan jangka waktu yang beragam, mulai dari 91 hari hingga 360 hari.

Untuk dana yang bisa dipinjam maksimal mencapai 20 juta rupiah. Dibandingkan dengan UKU, Kredit Pintar memberikan bunga lebih tinggi dimana bunga per tahunnya mencapai 36%. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, kamu hanya perlu login pakai nomor HP, dan mengisi informasi yang dibutuhkan.

Lalu, perlu dicatat juga bahwa peminjam harus mencapai batas minimum usia, yaitu 18 tahun. Oh iya, aplikasi satu ini ber-partner dengan beberapa bank, seperti BCA, Mandiri, BRI, dan BNI. Dan, kelebihan lainnya pencarian dana pinjaman di aplikasi ini juga cukup cepat, yaitu hanya butuh 24 jam saja.

3. JULO

JULO
sumber gambar: Play Store

JULO juga bisa jadi solusi terbaik untuk kamu yang butuh dana cepat. Tenang saja, aplikasi ini juga sudah terdaftar di OJK, bahkan mereka mengklaim bisa mencairkan dana dengan sangat cepat, yaitu 5 menit saja.

Namun, di JULO kamu hanya bisa mencicil pinjaman maksimal hingga 9 bulan. Untuk bunganya, di sini ada bunga kredit pinjaman sekitar 4% – 9%, lalu ada juga admin pinjaman 7%. Jadi, pikirkan baik-baik sebelum meminjam dana di aplikasi ini, karena menurut kami bunganya cukup tinggi. Namun bunga per-harinya mulai dari 0,1%.

Kelebihan dari aplikasi ini, kamu bisa mencarikan dana dengan berbagai cara, mulai dari tarik dan kirim tunai, lewat DANA, OVO, GoPay, dan masih banyak lagi. Oh iya, di JULO kamu bahkan bisa meminjam dana hingga 50 juta rupiah.

4. KTA KILAT

KTA KILAT
sumber gambar: Play Store

KTA KILAT ini juga sudah terdaftar di OJK. Beberapa hal yang perlu kamu tahu soal aplikasi pinjol legal ini adalah, dia menyediakan batas waktu cicilan mulai dari 91 hari hingga 180 hari. Sayangnya, di sini hanya bisa memberikan pinjaman maksimal 8 juta rupiah saja.

Untuk bunga per tahunnya, maksimal 19%. Kemudian, untuk persyaratan peminjaman masih sama dengan aplikasi pinjol lainnya di mana kamu harus berusia minimal 18 tahun dan memiliki KTP. Untuk pengiriman dananya sih diklaim sangat cepat dan akan langsung ditransfer ke rekening bank.

Sedangkan pembayaran cicilan pinjaman juga melalui bank, bisa lewat Mandiri, Permata, BNI, BCA, atau di minimarket seperti Alfamart.

5. Maucash

Maucash
sumber gambar: Play Store

Masih lanjut, kali ini ada Maucash. Aplikasi ini berada di bawah naungan perusahaan Astra, dan jelas sudah pasti mendapatkan sertifikasi OJK secara legal, ya. Untuk jumlah peminjaman dana berada di kisaran 2 juta rupiah hingga maksimal 50 juta rupiah.

Sedangkan jangka waktu cicilannya sekitar 6 sampai 24 bulan. Namun untuk bunganya sangat besar dibandingkan empat aplikasi sebelumnya, dimana APR-nya berada di angka 34.8%, sedangkan bunga per bulannya 2.9%.

Untuk meminjam dana di sini semua dilakukan secara online, dan hanya perlu menggunakan e-KTP saja. Kalau dilihat informasi dari Play Store, sih, katanya mereka tidak akan meminta data tambahan. Oh iya, untuk nomor OJK aplikasi Maucash adalah KEP-84/D.05/2019. Silakan dicek dulu sebelum meminjam, ya.

6. PinjamanGo

PinjamanGo
sumber gambar: Play Store

Meski aplikasi PinjamGo ini hanya bisa meminjamkan dana maksimal 6 juta rupiah saja, namun ia termasuk dalam aplikasi pinjol yang aman dan legal dengan nomor izin OJK KEP-124/D.05/2019. Untuk jangka waktu peminjaman hanya sekitar 91 – 120 hari saja.

Mereka mengklaim bahwa siap memberikan laporan biaya administrasi yang transparan serta proses pengajuan yang mudah. Untuk pencarian dana hanya bisa melalui bank berupa Internet banking, mobile banking, dan ATM.

7. Rupiah Cepat

Rupiah Cepat - aplikasi pinjol legal
sumber gambar: Play Store

Untuk yang mencari aplikasi pinjol legal, bisa coba Rupiah Cepat. Sesuai dengan namanya, mereka menjanjikan pencarian dana yang cepat. Nah, di aplikasi ini kamu bisa meminjam uang mulai dari 400 ribu hingga 50 juta rupiah lho!

Lalu, untuk pengembalian dananya berada di 91 hari hingga 360 hari dengan bunga maksimum per tahunnya adalah 24%. Persyaratan untuk meminjam di Rupiah Cepat adalah batas usia minimal 18 tahun, memiliki KTP dan akun bank, serta wajib warga negara Indonesia, ya.

8. Modalku

Modalku
sumber gambar: Play Store

Nah di rekomendasi selanjutnya, kamu bisa coba aplikasi Modalku. Aplikasi ini punya tenor 12 bulan, hanya satu pilihan tenor saja. Namun untuk bunga per tahunnya cukup rendah, yaitu 12%. Namun, kamu harus perhatikan juga karena di sini ada biaya admin atau biaya layanan sebanyak 3%.

Uniknya, di sini kamu bisa meminjam uang serendah mungkin, minimal 100 ribu rupiah. Tetapi, yang menurut kami aplikasi ini bagus adalah, dia memiliki fitur untuk merencanakan peminjaman. Jadi mereka akan berikan gambaran berapa uang yang harus dibayar tiap bulan sebagai bentuk transparansi.

9. SINGA

SINGA
sumber gambar: Play Store

Nama aplikasi pinjol legal ini mungkin tidak terdengar seperti pinjol. Namun di dalamnya mereka menyediakan layanan peminjaman uang mulai dari 1 juta rupiah hingga maksimal 20 juta rupiah dengan tenori kredit sekitar 91 hari hingga 1 tahun.

Untuk biaya bunga APR-nya berada di angka 36% per tahun, jadi menurut kami cukup besar namun angka ini memang rata-rata bunga dari setiap aplikasi pinjol. Nah, untuk izin OJK-nya sendiri kamu bisa cek di nomor KEP-47/D.05/2020.

Oh iya, ada perbedaan dari aplikasi lainnya, jika aplikasi pinjol lain memberikan batas usia minimum peminjamnya 18 tahun maka di SINGA batas usia minimumnya adalah 21 tahun.

10. Easycash

Easycash
sumber gambar: Play Store

Dibandingkan dengan aplikasi SINGA, di Easycash ini memberikan bunga maksimum per tahunnya lebih rendah, yaitu 24% saja. Lalu, untuk nominal peminjaman dananya mulai dari yang terendah 200 ribu, sedangkan tertingginya hingga 50 juta rupiah.

Untuk tenornya, kamu bisa mengambil dua pilihan antara 93 hari atau yang terpanjang adalah 180 hari. Sama seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya yang kami rekomendasikan, Easycash juga mengklaim keamanan data privasi penggunanya. Untuk nomor izin OJK dari Easycash bisa cek di KEP-49/D.05/2020.

Itulah semua rekomendasi aplikasi pinjol legal yang bisa kami berikan untuk kamu. Namun sekali lagi kami peringatkan bahwa harus berhati-hati jangan sampai terjerat karena rata-rata bunga dari pinjol ini sangat tinggi. Silakan bijaksana untuk menggunakannya, ya.

Awesome
Needs Work
Contact

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin