Disetujui Putin, Rusia Luncurkan Pesaing Wikipedia - detik

 

Disetujui Putin, Rusia Luncurkan Pesaing Wikipedia

By Rachmatunnisa
detikcom
January 19, 2024
Disetujui Putin, Rusia Luncurkan Pesaing Wikipedia. Foto: Telegraph
Disetujui Putin, Rusia Luncurkan Pesaing Wikipedia. Foto: Telegraph
Jakarta-

Rusia meluncurkan ensiklopedia internet versi mereka sendiri, Ruwiki. Pesaing Wikipedia ini mendapat restu langsung dari Presiden Rusia Vladimir Putin.

Pengujian beta situs ini sudah dimulai pada pertengahan tahun 2023. Mengutip laporan Reuters seperti dilansir Jumat (19/1/2024) sudah ada lebih banyak artikel di Ruwiki dibandingkan di Wikipedia berbahasa Rusia.

Rusia mengatakan pihaknya belum berencana memblokir Wikipedia. Seperti diketahui, Wikipedia adalah salah satu dari sedikit sumber informasi independen yang masih ada di Rusia sejak negara tersebut menindak keras berbagai konten online, menyusul invasi Rusia ke Ukraina pada Februari 2022.

Namun, pengadilan Rusia telah menjatuhkan serangkaian denda kepada Wikipedia atas konten terkait Ukraina. Karenanya, Putin memberikan persetujuannya terhadap kehadiran platform alternatif baru selain Wikipedia.

Menurut Ruwiki, artikel yang paling banyak dibaca selama fase pengujian beta mencakup daftar kematian pada tahun 2023, eskalasi konflik Arab-Israel, operasi militer Rusia di Ukraina, dan film di Rusia.

Rata-rata pengguna akan menghabiskan lebih dari enam menit di situs tersebut, dengan kedalaman akses tampilan rata-rata lebih dari lima halaman.

Surat kabar Rusia, Kommersant mengatakan, pendiri Ruwiki tidak bersedia mengungkapkan berapa biaya proyek tersebut atau nama investor situs tersebut.

Simak Video "Rudal Rusia Hantam Mal dan RS Bersalin di Dnipro, 6 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)