Dulu Jaya, Begini Nasib HP Nokia Sekarang - detik

 

Dulu Jaya, Begini Nasib HP Nokia Sekarang

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 11 Jan 2024 16:09 WIB
Nokia 5710 XpressAudio, Nokia 8210 4G, Nokia 2660 Flip
Salah satu feature phone Nokia. Foto: dok. HMD Global
Jakarta-

Pada masa kejayaannya dahulu, Nokia pernah memegang pangsa pasar HP global sampai 40%. Akan tetapi produsen ponsel asal Finlandia itu tenggelam, sempat diakuisisi Microsoft, hingga sekarang dikendalikan oleh perusahaan bernama HMD Global.

Sebenarnya merek Nokia masih berjaya, tapi hanya di sektor feature phone yang margin keuntungannya tak sebesar smartphone. Data dari IDC menunjukkan, feature phone Nokia menguasai pasar global di kuartal III 2023, dengan market share 22,4%.

Mungkin feature phone Nokia masih dipandang andal dan awet. Namun tidak demikian di sektor smartphone, Nokia kesulitan bersaing.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dikutip detikINET dari Yahoo Finance, Kamis (11/1/2024) market share smartphone Nokia hanya di kisaran 0,49% dan berada di ranking ke-13 dunia. Posisi itu jauh di bawah nama besar seperti Samsung, Apple atau deretan merek HP asal China.

Kondisi ini dianggap berat. HMD Global telah memegang merek Nokia sejak 2016, akan tetapi belum ada kemajuan berarti di bidang smartphone. Dan menurut Nokia Mob, kontrak HMD Global untuk memakai merek Nokia akan berakhir 3 tahun lagi.

"Perjuangan HMD dengan ponsel Nokia kini memasuki tahun ke-8, dan masih belum membuahkan hasil. Kontraknya akan habis pada 2026 yakni tiga tahun lagi. Dalam beberapa tahun terakhir, kita telah menyaksikan penurunan pada lini produk Nokia Mobile, yang hanya terbatas pada portofolio ponsel murah saja," tulis Nokia Mob.

Hal itu dipandang kurang menguntungkan karena Nokia sekarang seakan diasosiasikan dengan ponsel murah meriah. Tentu masih ada peluang di masa depan Nokia mampu bangkit kembali.

"Masih ada peluang untuk keajaiban. Misalnya saja, jika ada perusahaan lain membeli nama Nokia, berinvestasi jutaan dolar dan membuat produk serius, bisa saja mereka bangkit," pungkas Nokia Mob.



Simak Video "Nokia XR21 Dirilis, HP Tangguh dengan Jaringan 5G "

(fyk/fay)

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)