Google Assistant Punya Saingan, ChatGPT Jadi Opsi Asisten Baru Pengguna Android - inews

 

Google Assistant Punya Saingan, ChatGPT Jadi Opsi Asisten Baru Pengguna Android

Dini Listiyani
3-4 minutes

Google Assistant Punya Saingan, ChatGPT Jadi Opsi Asisten Baru Pengguna Android ChatGPT Jadi Opsi Asisten Baru Pengguna Android (Foto: unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Google Assistant saat ini menjadi pilihan utama untuk ponsel Android. Alasannya bukan karena Assistant jadi opsi default, tapi juga kinerjanya yang mengungguli sebagian besar asisten lainnya. 

Google berupaya meningkatkan kemampuan dengan menambahkan teknologi AI generatif dari Bard, model bahasa yang menangani teks, suara, dan gambar. Menariknya, Google bukan satu-satunya yang mengembangkan asisten berbasis AI untuk Android.

Baca Juga

Jarang Digunakan, Google Dikabarkan Bakal Matikan Fitur Keamanan APC

Laporan Android Authority, baru-baru ini menunjukkan ChatGPT, yang dikenal dengan kemampuan bahasanya yang canggih, mungkin menjadi opsi asisten baru bagi pengguna Android.

Asisten pihak ketiga sendiri bukanlah hal baru di Android. Sebelumnya, Cortana dari Microsoft dan Alexa dari Amazon menawarkan opsi bagi pengguna yang mencari pengalaman asisten berbeda di Android. 

Baca Juga

TPM Ajak Masyarakat Cek Track Record Ganjar-Mahfud soal Penegakan Hukum di Google

Namun, tidak ada yang berhasil menggeser Google Assistant dari posisi teratasnya. Namun, ChatGPT berpotensi mengguncang segalanya. 

Android Authority menemukan aktivitas baru di versi terbaru aplikasi Android yang memicu overlay menyiratkan dukungan input suara, mirip dengan Google Assistant. Namun untuk saat ini fitur tersebut belum bisa digunakan sepenuhnya.

Baca Juga

Ditanya Mahfud MD soal Investor IKN, Gibran Minta Cek Google

Kode aplikasi juga mengisyaratkan upaya menjadikan ChatGPT sebagai asisten default, dengan referensi ke “assistant_interaction_service” dan tag “supportsAssist”. Namun, masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan.

Menariknya, Microsoft menghapus kemampuan asisten default Bing saat meluncurkan pengalaman LLM berbasis GPT miliknya. 

Editor : Dini Listiyani

Follow Berita iNews di Google News


Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin