Microsoft Rilis Aplikasi Copilot di iPhone, Apa Bedanya dengan ChatGPT? - detikinet

Microsoft Rilis Aplikasi Copilot di iPhone, Apa Bedanya dengan ChatGPT?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 02 Jan 2024 12:10 WIB
Microsoft Copilot untuk iPhone
Microsoft Rilis Aplikasi Copilot untuk iPhone dan iPad, Apa Bedanya dengan ChatGPT? Foto: Microsoft
Jakarta-

Microsoft resmi merilis aplikasi Copilot untuk iPhone dan iPad. Aplikasi chatbot kecerdasan buatan (AI) ini sebelumnya sudah dirilis di Android hanya beberapa hari yang lalu.

Aplikasi Copilot memiliki fungsi yang sama seperti aplikasi ChatGPT milik OpenAI, yang juga sudah tersedia di Android dan iOS. Pengguna bisa menuliskan pertanyaan dalam bentuk teks untuk mendapatkan jawaban dari AI, draft email, hingga merangkum teks.

Bedanya, aplikasi Copilot ditenagai oleh GPT-4, large language model terbaru dan tercanggih yang ditawarkan OpenAI. Aplikasi ChatGPT versi gratis saat ini masih mengggunakan GPT-3.5, dan pengguna harus berlangganan ChatGPT Plus untuk mengakses model yang lebih baru ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain itu, aplikasi Copilot juga bisa mengubah input teks menjadi gambar ke dalam berbagai gaya, mulai dari abstrak hingga fotorealistik. Fitur generator gambar itu ditenagai oleh sistem text-to-image DALL-E 3 milik OpenAI, seperti dikutip dari Engadget, Senin (1/1/2024).

Perusahaan besutan Sam Altman itu mengklaim DALL-E 3 bisa memahami input teks dengan lebih baik dan menghasilkan gambar yang sesuai dengan prompt. DALL-E 3 juga bisa me-render elemen gambar dengan lebih baik, misalnya saat menciptakan tangan manusia yang masih sulit dipahami oleh AI.

Copilot sebelumnya dikenal dengan nama Bing Chat, namun Microsoft sepertinya ingin layanan ini berdiri sendiri sehingga namanya diganti. Selain di Android dan iPhone, layanan Copilot juga tersedia di Windows 10 dan Windows 11 serta versi web yang terpisah dari Bing.

Aplikasi Copilot untuk iOS dan iPadOS saat ini sudah tersedia di Apple App Store secara gratis. Aplikasi Copilot versi iPad juga bisa diinstal di perangkat Mac yang menggunakan chip Apple Silicon via Mac App Store.



Simak Video "Mengenal Aplikasi Copilot Buatan Microsoft"

(vmp/vmp)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin