Screenshot Tool di Microsoft Edge Dapatkan Fitur AI - Winpoin

 

Screenshot Tool di Microsoft Edge Dapatkan Fitur AI

winpoin.com
2 min
January 21, 2024

Mulai Microsoft Edge Canary versi 122.0.2348.0, Microsoft mulai meningkatkan screenshot tool yang terintegrasi dengan browser, dimana setelah sebelumnya mereka mengganti nama dari Web Capture menjadi Screenshot, kini fitur ini akan dapat bekerja dengan jendela dan aplikasi apapun dan tidak lagi terbatas pada halaman web saja. Menarik bukan?

Namun ada satu fitur dan perubahan penting yang harus kamu tahu guys, dimana pada Edge Canary 122.0.2348.0 fitur ini akan mendapatkan integrasi dari Copilot AI dan sebuah tool seperti OCR dan opsi pencarian online berdasarkan image dan recognized text.

Nah perubahan ini pertama kali ditemukan oleh pengguna X Leopeva64 dimana dalam laporannya, fitur di Edge Canary ini kini telah mendapatkan sejumlah opsi tambahan termasuk Chat dengan Copilot, Text Detector, Search image with Bing dan Search text with Bing pada 18 januari 2024 lalu.

Bagi yang belum tahu, fitur screenshot di Microsoft Edge sendiri bisa kamu buka dengan tombol kombinasi CTRL + SHIFT + S, atau klik kanan > screenshot pada bagian context menu.

Setelah screenshot diambil, seperti pada gambar diatas kita akan mendapatkan toolbar yang akan muncul dengan berbagai opsi edit yang bisa kamu pilih. Namun pada versi Edge Stable saat ini, opsi baru terbatas pada fitur edit ringan seperti menambahkan text, shapes, dan beberapa fitur lainnya.

Dengan perubahan baru yang dihadirkan ini, terlebih dengan integrasi AI dan opsi seperti Text Recognition dan pencarian menggunakan basis gambar, maka fitur ini akan makin mantap lagi untuk pengguna gunakan, karena dengan itu produktifitas pengguna dalam mengambil gambar akan makin mudah dan makin cepat, selain itu fitur ini bisa digunakan sebagai opsi screenshot dan editing ringan tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan seperti faststone capture atau pickpick lagi.

Cara Mendapatkan Fitur Screenshot di Edge Chromium

Jika fitur masih bernama Web Capture kamu bisa mengaktifkan flags experimental Microsoft Edge Screnshot.

Setelah diaktifkan, otomatis fitur Web Capture akan berubah menjadi Screenshot dengan berbagai fitur penting lainnya. Selain itu, untuk mendapatkan fitur OCR dan beberapa opsi baru seperti yang diungkapkan diatas, kita harus melakukan hal lain yaitu dengan menambahkan value berikut :

--enable-features=msEdgeScreenshotWithCopilotChat,msEdgeScreenshotWithOCR,msEdgeScreenshotWithSearch,msEdgeScreenshotWithSearchInSideBar

Dan kemudian memasukkannya pada target di shortcut Microsoft Edge Canary versi 122.0.2348.0.

Setelah ditambahkan, maka fitur screenshot akan menampilkan lebih banyak opsi di toolbar seperti pada gambar berikut :

Jujur nih guys, menurut saya fitur screenshot di Microsoft Edge kini cukup overpower karena bukan hanya dapat mengambil gambar dari web page saja, melainkan bisa mengambil gambar dari aplikasi lainnya.

Namun kekurangannya sih cuma satu, fitur ini harusnya menjadi aplikasi terpisah dan bukan menjadi bagian Microsoft Edge sehingga membuatnya benar benar menjadi Edge OS dengan segala fitur melimpahnya.

Bagaimana menurutmu? komen dibawah guys.

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)