Alasan Pabrik Chip Canggih Samsung dan TSMC Cuma di Korea dan Taiwan -

 

Alasan Pabrik Chip Canggih Samsung dan TSMC Cuma di Korea dan Taiwan

Anggoro Suryo

Jakarta -

Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) dan Samsung Electronics punya satu kesamaan, yaitu keduanya sama-sama gencar berinvestasi untuk industri chip di berbagai negara, namun pabrik chipnya paling canggih dipertahankan di negara asalnya.

Misalnya Samsung, pabrikan chip terbesar di dunia kedua, berencana menginvestasikan sekitar USD 371 triliun hingga 2047 dalam proyek semikonduktor "megacluster" di Seoul Korea Selatan, yang diungkap oleh pemerintah Korea Selatan pada pertengahan Januari 2024 lalu.

Fasilitas tersebut diperkirakan akan difokuskan untuk memproduksi chip tercanggih mereka yang menggunakan proses 2nm, demikian dikutip detikINET dari South China Morning Post, Senin (5/2/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Beberapa hari setelah pengumuman proyek megacluster tersebut, chairman TSMC Mark Liu menyebut mereka berencana membangun pabrik baru untuk chip 2nm di science park Hsinchu dan Kaohsiung, Taiwan.

Pihak TSMC pun saat ini tengah menunggu persetujuan dari pemerintah untuk membangun pabrik chip 2nm di Taichung. Baik Samsung maupun TSMC menargetkan chip 2nm bisa diproduksi massal pada 2025.

Kedua perusahaan ini sama-sama menggeber investasi dalam negerinya setelah menghadapi berbagai tantangan untuk membangun pabrik di Amerika Serikat -- yang tengah menggencarkan produksi chip lokal, termasuk lewat berbagai insentif yang ditawarkan.

Baik Samsung maupun TSMC merupakan kandidat kuat untuk menerima subsidi miliaran dolar dari AS yang diatur dalam US Chips and Science Act. Jumlah subsidi yang disediakan pemerintah AS ini mencapai USD 53 miliar dan dilakukan untuk menggeber produksi chip di AS.

TSMC saat ini tengah membangun dua pabrik di Arizona, AS, yang awalnya diharapkan bisa memproduksi massal chip 4nm mulai tahun 2024, dan chip 3nm pada 2026. Sementara Samsung mulai membangun pabrik senilai USD 17 miliar di Texas sejak 2021, dan diharapkan bisa memproduksi chip 4nm.

Namun keduanya kini kompak menunda jadwal produksinya. Misalnya Samsung yang menunda produksinya di Texas dari tahun ini menjadi 2025 karena subsidi dari pemerintah AS yang tertunda.

Awesome
Needs Work
Contact

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)