Cara Aktifkan Ransomware Protections di Windows Defender Windows 11 - Winpoin

 Cara Aktifkan Ransomware Protections di Windows Defender Windows 11

Gylang Satria

Sama seperti di Windows 10, sistem operasi Windows 11 pun memiliki solusi Anti Malware Default yang akan melindungi perangkat pengguna dari Virus, Spyware, dan malware lainnya termasuk Ransomware.

Baca Juga : Cara Aktifkan Ransomware Protections di Windows Defender Windows 10

Dan meskipun antivirus ini sudah berfungsi dengan baik untuk menjaga sistem tetap aman ketika kita online, ada satu bagian dari Windows Security yang default nonaktif yaitu fitur “Controlled Folder Access“.

Nah Controlled Folder Access ini sendiri adalah fitur yang memantau perubahan yang dilakukan aplikasi pada file pengguna, dimana jika ada aplikasi mencoba mengubah file dalam folder yang dilindungi, aplikasi tersebut akan otomatis di blokir dan pengguna akan langsung diberikan notifikasi tentang aktivitas mencurigakan tersebut.

Nah pada tutorial kali ini, WinPoin akan menunjukan bagaimana caranya untuk mengaktifkan ransomware protections di Windows 11, perlu diingat bahwa ini sangat penting karena fitur ini sayangnya secara default mati / nonaktif pada sistem Windows 10 atau Windows 11. Berikut langkahnya.

Langkah 1. Pertama silahkan kamu buka Windows Security (kamu bisa ketik saja “Windows Security” di halaman pencarian atau masuk ke Settings > Privacy & security > Windows Security.

Langkah 2. Setelah Windows Security terbuka silahkan kamu masuk ke bagian Virus & Threat Protection, kemudian scroll kebawah, dan pada Ransomware Protections, klik pada Manage Ransomware Protections.

Nah kemudian silahkan kamu aktifkan Controlled Folder Access seperti pada gambar berikut.

Setelah itu, fitur ini akan melindungi dan mencegah file, folder dan memory dari tindakan perubahan diluar izin dari sebuah aplikasi yang kurang bersahabat.

Jika kamu memiliki aplikasi terpercaya yang ingin dikecualikan dari fitur ini, kamu bisa menambahkan aplikasi tertentu dengan opsi “Allow an app through Controlled folder access”.

Nah silahkan kamu coba guys, pastikan fitur ini kamu aktifkan ya guys, dan apakah kamu punya tips lain untuk menjaga sistem dari malware? komen dibawah juga guys.

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)