Khawatir Digunakan Serang Gaza, Pengadilan Belanda Larang Ekspor Suku Cadang F-35- detik

 

Khawatir Digunakan Serang Gaza, Pengadilan Belanda Larang Ekspor Suku Cadang F-35

Argya D. Maheswara

Jakarta-

Pengadilan Belanda memerintahkan Pemerintah Belanda untuk menghentikan ekspor suku cadang jet tempur F-35. Ekspor yang dimaksud adalah ekspor ke Israel dengan beberapa alasan.

Perintah untuk penghentian ekspor suku cadang F-35 ke Israel dikeluarkan pada Senin, (12/2). Hal ini ditengarai adanya kekhawatiran bahwa nantinya F-35 Israel digunakan untuk pelanggaran hukum internasional di Gaza, Palestina seperti dilansir detikINET dari Reuters.

"Tidak dapat dipungkiri bahwa ada risiko yang jelas bahwa bagian-bagian F-35 yang diekspor akan digunakan dalam pelanggaran serius hukum humaniter internasional," ungkap Pengadilan Belanda.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pengadilan Belanda memberi waktu tujuh hari agar Pemerintah Belanda mematuhi perintah tersebut serta menyebarkan perintah tersebut ke seluruh negara Eropa. Walau begitu, Israel membantah telah melakukan pelanggaran hukum humaniter.

Sebelumnya, Belanda merupakan salah satu gudang suku cadang F-35 yang bertugas mendistribusikan komponen tersebut ke negara-negara pengguna F-35. Dalam hal ini, Israel merupakan pengguna F-35 yang sudah sempat mendapat kiriman suku cadang satu kali sejak perang Israel-Palestina dimulai.

"Kami berharap keputusan ini akan memperkuat hukum internasional di negara-negara lain sehingga warga Gaza juga dilindungi oleh hukum internasional," ungkap Michiel Servaes yang merupakan direktur Oxfam Novib, sebuah yayasan sosial asal Belanda.

F-35I Adir Khusus Israel

Saat ini Israel mengoperasikan F-35 yang berbeda dengan F-35 yang beroperasi seperti F-35A, F-35B dan F-35C. Versi F-35 yang dimiliki Israel adalah F-35I Adir yang khusus dimiliki oleh Israel.

Armada F-35I Adir mulai beroperasi pada 2017 dengan jumlah awal 50 unit. Namun, Israel membeli 25 unit lagi sehingga saat ini mereka memiliki F-35I Adir.

Beberapa spesifikasi khusus yang dimiliki F-35I Adir merupakan kemampuan untuk melakukan intersepsi terhadap rudal jelajah antar benua (ICBM). Namun tidak ada keterangan resmi jenis rudal apa yang digunakan untuk mencegat ICBM.

Sejak perang Israel-Palestina pecah, F-35I Adir sudah digunakan untuk menghalau rudal jelajah yang kemungkinan diluncurkan oleh Houthi.

Simak Video "Australia, Kanada, dan Selandia Baru Desak Israel Tak Operasi Militer ke Rafah"

(rns/rns)

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)