SpaceX raih kontrak dari NASA untuk De-orbit ISS pada 2030 - Tek id

KPU Pastikan Tak Akan Tutup Sirekap, Transparansi Tetap Berlangsung - BeritaSatu

 

KPU Pastikan Tak Akan Tutup Sirekap, Transparansi Tetap Berlangsung

Jumat, 23 Februari 2024 | 19:04 WIB
SD
DM
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari (tengah) dalam keterangan persnya di gedung KPU, Jakarta Pusat, Jumat, 23 Februari 2024.
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari (tengah) dalam keterangan persnya di gedung KPU, Jakarta Pusat, Jumat, 23 Februari 2024. (Beritasatu.com/Sella Rizky Deviani)

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari menegaskan Sistem Informasi Rekapitulasi Elektronik (Sirekap) tetap dilanjutkan sebagai salah satu alat bantu transparansi KPU kepada publik.

ADVERTISEMENT

Menurut Hasyim, apabila Sirekap diberhentikan maka publik tidak dapat memonitor penghitungan suara yang tengah berlangsung.

BACA JUGA

"Sekali lagi, kami tujuannya untuk transparansi supaya semua pihak bisa akses informasi penghitungan suara di TPS. Justru kalau kita tutup sama sekali, atau tidak ada Sirekap, tidak ada orang kemudian bisa mengetahui situasi hasil penghitungan suara," ucapnya di gedung KPU, Jakarta Pusat, Jumat (23/2/2024).

ADVERTISEMENT

Hasyim menyampaikan, publik dapat melihat penghitungan suara mulai dari tingkat kecamatan. Jika Sirekap ditutup ataupun dihentikan, ke depannya hanya pihak TPS saja yang dapat melihat hasil penghitungan suara.

BACA JUGA

"Termasuk pada tingkat berikutnya rekapitulasi kecamatan juga tidak terkontrol, tidak bisa terpantau, tidak bisa termonitor hasil penghitungan suara di masing-masing TPS, hanya pihak-pihak tertentu saja yang memegang formulir C TPS yang mengetahui hasilnya itu," tuturnya.

Hasyim menyatakan, pembiayaan Sirekap berasal dari APBN untuk penyelenggaraan pemilu. Biaya tersebut juga dipertanggungjawabkan langsung dengan laporan kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Pembiayaannya tidak hanya pada anggaran 2023, tetapi juga untuk anggaran 2024 mulai dari pengembangan sampai dengan pelaksanaan penggunaan Sirekap itu sendiri," ungkap Hasyim.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin