Mozilla Luncurkan Layanan Monitor Plus Untuk Cek dan Atasi Kebocoran Data - winpoin

 Mozilla Luncurkan Layanan Monitor Plus Untuk Cek dan Atasi Kebocoran Data

Gylang Satria

Baru baru ini Mozilla mengumumkan bahwa mereka telah menemukan cara lain untuk menghasilkan uang dengan meluncurkan layanan baru bernama Monitor Plus.

Layanan ini mungkin mirip dengan Have I Been Pwned, namun Monitor Plus dapat secara otomatis menghapus informasi pribadi pengguna seperti nama, alamat, nomor telepon dan lain lain dari situs atau aplikasi yang sekiranya telah bocor ke publik.

Selain itu, Mozilla Monitor Plus ini sebenarnya dibuat berdasarkan layanan gratis yang sebelumnya dikenal sebagai Firefox Monitor (sekarang Mozilla Monitor), yang memungkinkan pengguna mengetahui jika informasi pribadi yang kita miliki terlibat dalam pelanggaran data atau kebocoran data.

Akses Mozilla Monitor

Seperti pada gambar diatas, Mozilla Monitor Plus ini pada dasarnya dapat diakses dari halaman https://monitor.mozilla.org/, dimana disana kamu memerlukan akses ke akun Firefox yang telah kamu punya untuk mengecek hingga lima alamat email yang kamu miliki.

Setelah kamu menambahkan email yang akan kamu monitor, layanan ini akan menunjukan website dan aplikasi apa saja yang memiliki informasi pengguna yang telah terexpose online, contohnya seperti pada gambar berikut.

Selanjutnya kita bisa memilih aksi untuk daftar tersebut dimana kita akan diarahkan untuk mengubah password dari layanan atau aplikasi dengan data yang telah terexpos.

Layanan Monitor Plus Ini Berbayar dan Baru Tersedia di US

Lalu apakah layanan ini gratis?, seperti yang telah disebutkan diawal tadi, layanan ini adalah salah satu cara bagi Mozilla untuk mendapatkan keuntungan karena untuk menggunakan layanan ini pengguna harus membayar sekitar $8,99 per bulan (jika kamu membeli langganan tahunan) dengan scanning gratis untuk penggunaan pertama.

Nah salah satu yang menarik dari layanan ini adalah, Mozilla akan mencoba menghapus data kita dari broker online tersebut loh, meskipun menurut Mozilla membutuhkan waktu sekitar 7 hingga 14 hari, namun ini adalah sebuah layanan yang cukup bagus dan menjadi solusi tambahan selain pengguna yang mengubah password mereka.

Jadi dengan membayar sekitar $8 USD perbulan, dengan layanan ini Mozilla akan secara otomatis melacak data pengguna di lebih dari 190 situs tempat broker menjual informasi yang dikumpulkan dari berbagai sumber online seperti layanan, website, dan aplikasi, ketika terdeteksi, nanti secara otomatis tool ini akan menghapus data tersebut.

Dan perlu diingat, layanan ini untuk sekarang hanya tersedia di US saja, dan jika kamu mencobanya di region ID, experience yang dibagikan akan berbeda dan kamu belum akan mendapatkan informasi untuk mendaftar langganan Monitor Plus.

Via : Mozilla

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin