Pecahkan Rekor, Astronot Rusia Habiskan Waktu 878 Hari di Luar Angkasa - inews

 

Pecahkan Rekor, Astronot Rusia Habiskan Waktu 878 Hari di Luar Angkasa

Pecahkan Rekor, Astronot Rusia Habiskan Waktu 878 Hari di Luar Angkasa

Pecahkan Rekor, Astronot Rusia Habiskan Waktu 878 Hari di Luar Angkasa (Foto: NASA)

JAKARTA, iNews.id - Astronot Rusia atau disebut kosmonot Oleg Kononenko berhasil memecahkan rekor sebagai orang paling lama di luar angkasa. Oleg menghabiskan waktu selama 878 hari, 11 jam dan 30 menit di luar angkasa.

Oleh mengalahkan rekan senegaranya yakni Gennady Padalka. Kononenko meluncur ke International Space Station (ISS) pada September 2022. Rekornya masih bertambah karena dia akan berada di ISS untuk sementara waktu. 

Baca Juga

Bulan Menyusut, Ciptakan Ribuan Retakan di Permukaan Berisiko Bahaya untuk Astronot

"Diperkirakan Oleg Kononenko akan mencapai total 1.000 hari di luar angkasa pada 5 Juni 2024 pukul 00:00:20 waktu Moskow. Dan setelah ekspedisi tahunan selesai (23 September 2024), total waktu penerbangannya akan menjadi 1.110 hari," tulis Badan Antariksa Rusia, Roscosmos sebagaimana dikutip dari Space.

Untuk diketahui, astronot Rusia memang mendominasi buku rekor durasi penerbangan luar angkasa. Mereka memegang delapan slot teratas dalam daftar waktu-dalam-ruang terbanyak.

Baca Juga

Rentan Terkena Bakteri, Sayuran yang Ditanam di Luar Angkasa Berpotensi Bahaya bagi Astronot

Peggy Whitson, yang menghabiskan waktu 675 hari di luar Bumi berada di peringkat sembilan secara keseluruhan. Sementara kosmonot Valery Polyakov memegang rekor durasi penerbangan tunggal, menghabiskan hampir 438 hari berturut-turut di stasiun luar angkasa Mir Rusia dari Januari 1994 hingga Maret 1995.

Orang Amerika Serikat sendiri hanya menghabiskan 371 hari di ISS setelah perjalanan pulang pertamanya, pesawat ruang angkasa Soyuz Rusia, mengalami kebocoran di orbit dan harus diganti. Adapun orang tersebut adalah Frank Rubio.

Baca Juga

Astronot Gambarkan Bau Luar Angkasa, Uranus Berbau seperti Kentut

Editor : Dini Listiyani

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin