Perintah Sudo Tidak Akan Hadir di Windows Server! - Winpoin

 Perintah Sudo Tidak Akan Hadir di Windows Server!

Gylang Satria

Untuk saat ini para pengguna Windows 11 Insider Build 26052 sudah bisa mencoba dan menggunakan perintah sudo pada Windows Terminal, dimana dengan perintah tersebut kita bisa mendapatkan hak akses super user mirip seperti yang ada di Linux.

Nah mengenai sudo, beberapa waktu lalu juga dilaporkan bahwa sudo bisa berjalan di Windows 7, 8 dan 10, cukup dengan menggunakan trik seperti yang telah ditulis dalam artikel berikut.

Sementara itu, setelah kehadirannya di Windows Insider Dev dan Canary, ada cukup banyak pengguna yang mempertanyakan kehadiran Sudo di Windows Server, namun sayangnya sudo tidak akan hadir disana.

Hal ini secara resmi diumumkan oleh Microsoft dalam release note Windows 11 Build 26052, dengan pernyataan sebagai berikut :

The setting for enabling Sudo may incorrectly be showing on Windows Server Insider Preview builds – this feature will not be available on Windows Server and the setting will be disabled in a future Server Insider Preview build.

Kenapa Sudo tidak hadir di Windows Server? padahal mungkin perintah tersebut akan sangat dibutuhkan para IT admin untuk mengatur dan mendapatkan hal akses administratif sistem dengan lebih mudah?

Sayangnya, jawaban dari hal tersebut belum jelas mengingat Microsoft sendiri tidak memberikan informasi dengan lebih detail. Namun bagaimana menurutmu? jika kamu memiliki opini, jangan sungkan untuk berkomentar dibawah.

Via : Neowin

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)