Riset: Anies Unggul Tipis di X, Prabowo Raja TikTok - CNN Indonesia

 

Riset: Anies Unggul Tipis di X, Prabowo Raja TikTok

CNN Indonesia
Senin, 05 Feb 2024 18:21 WIB
Baik Anies dan Prabowo sama-sama mencatat angka sekitar 40 persen perbincangan, dengan grafik menunjukkan Anies unggul tipis di X dan YouTube.
Baik Anies dan Prabowo sama-sama mencatat angka sekitar 40 persen perbincangan, dengan grafik menunjukkan Anies unggul tipis di X dan YouTube. (Foto: CNN Indonesia/ Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hasil riset Continuum Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) mengungkap calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan unggul tipis di X (sebelumnya Twitter) dan YouTube pada debat terakhir capres, Minggu (4/2) malam.

Maisie Sagita, Data Analyst Continuum INDEF, mengatakan hal tersebut berdasarkan analisis terhadap tiga platform media sosial, yakni Twitter atau X, TikTok, dan komentar di YouTube pada periode Minggu (4/2) malam hingga Senin (5/2) pagi.

Menurut Maisie, perbincangan Anies dan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto mendominasi di X dan YouTube. Keduanya sama-sama mencatat angka sekitar 40 persen perbincangan di dua platform tersebut, dengan grafik menunjukkan Anies unggul tipis di X dan YouTube.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kalau YouTube dan Twitter cukup berimbang perbincangannya antara Anies dan Prabowo di sekitar angka 40 persenan," kata Maisie dalam diskusi publik 'Tanggapan Atas Debat Kelima Pilpres di Jakarta, Senin (5/2).

Lihat Juga :

ADVERTISEMENT

Sementara itu, perbincangan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo di X maupun YouTube hanya berkisar di angka 20 persenan.

Maisie mengatakan data yang dianalisa berasal dari tiga media sosial, yakni X, TikTok, dan YouTube. Dari tiga platform tersebut tercatat ada 74.356 perbincangan dari 54.170 akun medsos.

Rinciannya, X ada 48.610 perbincangan dari 35.300 akun, kemudian TikTok 8.142 perbincangan dari 7.264 akun, dan YouTube 17.604 perbincangan dari 11.606 akun.

Untuk metodologi dari X dan TikTok, Continuum menggunakan keyword atau kata kunci untuk meng-crawl data dan mendapat perbincangan yang berisi kata kunci tersebut.

Lihat Juga :

Sementara untuk YouTube metodenya ada tiga live streaming yang disiarkan dari akun KPU, Kompas TV, dan Narasi. Dari tiga link live streaming ini Continuum meng-crawl semua komentar netizen.

Hasil riset Continuum INDEF juga mengungkap bahwa Anies dan Ganjar banyak mendapat sentimen positif dari percakapan di X. Tercatat keduanya mendapat sentimen positif di kisaran 85 persen di platform X.

Sementara itu, Prabowo mendapat sentimen positif terendah di X dengan berada di kisaran 35 persen.

"Kalau bisa kami simpulkan, di Twitter itu dominasi dukungannya terhadap Anies dan Ganjar, tapi Pak Prabowo banyak dikritik di Twitter," ungkap dia.

Sementara itu, di YouTube, pola perbincangan dan sentimen terhadap tiga capres kurang lebih sama. Artinya, tidak ada satu capres yang terlalu menonjol mendapat sentimen positif dari netizen.

Prabowo raja TikTok

Sementara itu, Prabowo masih mendominasi pembicaraan di TikTok. Maisie menjelaskan perbincangan mengenai Prabowo di TikTok ada di angka 60 persen, jauh lebih tinggi dari Anies dan Ganjar.

Perbincangan Anies di TikTok hanya mencapai angka di kisaran 20 persen, sementara Ganjar di bawah 20 persen.

"Kalau kita lihat, breakdown tiap media sosialnya, Prabowo ini memang ada dominasi yang tinggi di TikTok, mencapai hampir 60 persen perbincangannya," kata Maisie.

Selain itu, Prabowo juga mendapat sentimen positif tertinggi di TikTok dengan angka sekitar 80 persen ke atas.

Namun demikian, pada debat terakhir capres kemarin, Anies dan Ganjar mulai menunjukkan penetrasinya di platform asal China tersebut. Menurut Maisie, baik Anies dan Ganjar mulai mendapat sentimen positif yang cukup tinggi di TikTok.

Infografis Jadwal Kampanye Akbar Terakhir Tiga Capres Pilpres
Infografis Jadwal Kampanye Akbar Terakhir Tiga Capres Pilpres (Foto: Basith Subastian/CNNIndonesia)

Semua capres dapat pujian di halaman berikutnya...

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)