Roblox Kini Punya Fitur Translate Real-time Berbasis AI, Ini Kecanggihannya - inews

 

Roblox Kini Punya Fitur Translate Real-time Berbasis AI, Ini Kecanggihannya

 Roblox Kini Punya Fitur Translate Real-time Berbasis AI, Ini Kecanggihannya

Roblox Kini Punya Fitur Translate Real-time Berbasis AI, Ini Kecanggihannya (Foto: Roblox)

JAKARTA, iNews.id - Roblox berupaya memberikan pengalaman yang lebih baik. Roblox menghadirkan fitur transfer real-time berbasis artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Fitur baru mampu mengolah chat para pengguna yang berbeda bahasa. Saking canggihnya, pengguna mungkin tidak menyadari obrolan berlangsung lewat penerjemahan.

Baca Juga

Tersedia Hampir di Semua Platform, Roblox Bakal Hadir ke PlayStation Bulan Depan

Saat ini fitur penerjemah real-time bekerja dengan 16 bahasa, termasuk Inggris, Prancis, Jepang, Thailand, Polandia, dan Vietnam. Bukan tidak mungkin akan ada lebih banyak bahasa yang hadir di masa depan. 

CTO Roblox, Dan Sturman mengatakan kehadiran fitur bertujuan untuk membuat pengguna merasa lebih nyaman, berinteraksi satu sama lain dengan membuat mereka memahami apa yang mereka katakan. 

Baca Juga

5 YouTuber Roblox Terkenal, Nomor 3 Asal Indonesia

“Kami tahu keterlibatan meningkat ketika pengguna berbicara atau berinteraksi dengan orang lain dalam bahasa mereka sendiri. Kami mengambil konsep itu dan menghilangkan hambatan bahasa dengan terjemahan otomatis," kata Sturman dikutip dari The Verge.

Roblox dimulai membangun model bahasa besar (LLM) berbasis transformator, yang dilatih pada data internal dan tersedia untuk umum. Ini menempatkan LLM dalam arsitektur campiran para ahli (MoE), lingkungan yang menjalankan beberapa aplikasi terjemahan, dengan masing-masing aplikasi ahli dalam satu bahasa. 

Baca Juga

Cara Mengatasi Lag Saat Bermain Roblox

Hal ini memungkinkan Roblox menghemat sumber daya tanpa perlu membuat LLM terpisah untuk setiap bahasa. Sturman mengatakan mengingat skala proyek mereka, timnya percaya lebih mudah untuk membangun model mereka sendiri daripada memodifikasi LLM yang sudah ada.

Sturman menyebut Roblox memonitor obrolan dan bisa mendapatkan umpan balik jika terjemahannya tidak sempurna. Namun dia menegaskan privasi dan keamanan tetap terjaga, serta kata-kata kasar akan diblokir.

Baca Juga

Meta Siapkan Mata Uang Zuck Buck, Mirip Robux di Roblox

Editor : Dini Listiyani

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)