SpaceX raih kontrak dari NASA untuk De-orbit ISS pada 2030 - Tek id

Ukraina Ungkap Cara Militer Rusia Dapat Akses Starlink Elon Musk - detok

 

Ukraina Ungkap Cara Militer Rusia Dapat Akses Starlink Elon Musk

Fino Yurio Kristo

Jakarta-

Ukraina menuding Rusia menggunakan layanan internet Starlink dari SpaceX dalam perang mereka melawan Ukraina yang langsung dibantah Elon Musk. Akan tetapi, Ukraina menanggapi dengan menyebut Rusia punya cara untuk memperoleh perangkat Starlink.

Pasukan Rusia disebut menggunakan ribuan terminal Starlink Elon Musk yang dibeli melalui perusahaan Rusia. "Ini adalah pasar terbuka," kata Kyrylo Budanov, kepala intelijen Ukraina, kepada The Wall Street Journal.

Militer Rusia bisa mendapatkan terminal tersebut melalui perusahaan swasta Rusia, yang menyamarkannya sebagai pembelian untuk penggunaan pribadi. Mereka kemudian mengirim peralatan tersebut ke Rusia melalui negara-negara tetangga.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Starlink ini bukan barang militer," katanya yang dikutip detikINET dari Insider. Jika benar, akses Starlink akan memberi pasukan Rusia kemampuan yang sama seperti pasukan Ukraina, memungkinkan komunikasi antara tentara garis depan dan membantu serangan pesawat tak berawak atau drone.

Sebelumnya, intelijen Ukraina mengatakan Rusia menggunakan satelit Musk untuk memfasilitasi komunikasi di medan perang. Badan intelijen tersebut memposting audio percakapan antara dua tentara Rusia di wilayah Donetsk, mengklaim bahwa Rusia berbicara melalui Starlink. Juru Bicara Intelijen Militer Ukraina Andriy Yusov mengatakan bahwa penggunaan Starlink oleh Rusia sudah bersifat sistemik.

Elon Musk menyebut tudinhan itu tidak benar. "Beberapa laporan berita palsu mengklaim bahwa SpaceX menjual terminal Starlink ke Rusia. Ini tidak benar," sebut Musk di X, sebelumnya Twitter.

"Sepengetahuan kami, tidak ada Starlink yang dijual baik langsung maupun tidak langsung ke Rusia," tambah orang terkaya di dunia itu.

SpaceX juga melontarkan bantahan bahwa Starlink tak aktif di Rusia. "Jika SpaceX mengetahui terminal Starlink digunakan pihak yang terkena sanksi atau tidak sah, kami menyelidiki klaim tersebut dan mengambil tindakan untuk menonaktifkan terminal jika dikonfirmasi," tulis perusahaan itu di X.

Simak Video "Elon Musk Bantah SpaceX Jual Terminal Starlink kepada Rusia"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)

Awesome
Needs Work
Contact

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin