Langsung ke konten utama

5 Alasan Kenapa Perlu Beralih dari Microsoft Office ke Google Workspace - Yoursay

 

5 Alasan Kenapa Perlu Beralih dari Microsoft Office ke Google Workspace

Ilustrasi Google Workspace. (Instagram/@googleworkspace)

Microsoft Office mungkin masih menjadi pilihan banyak orang untuk menyelesaikan berbagai tugas perkantoran atau tugas ketik-mengetik lainnya.

Microsoft Office memang sudah sangat populer digunakan, seperti mengolah kata dengan menggunakan Microsoft Word, mengolah data menggunakan Microsoft Excel, membuat presentasi dengan menggunakan Microsoft PowerPoint, dan masih banyak lagi yang lain. 

Walaupun begitu, saat ini banyak orang maupun perusahaan justru mulai beralih dari Microsoft Office menuju Google Workspace. Nah untuk itu, berikut setidaknya ada lima alasan beralih dari Microsoft Office menuju Google Workspace. 

1. Popularitas yang lebih tinggi

Menyadur dari earthweb.com, ternyata Google Workspace digunakan sekitar 3 miliar orang pada tahun 2023. Hal ini jauh lebih banyak ketimbang Microsoft Office.

Menyadur pada usesignhouse.com, tercatat ada 345 juta orang yang menggunakan layanan berbayar Microsoft 365. Dengan banyaknya pengguna Google Workspace tersebut tentunya bisa memberikan berbagai kemudahan pada kamu. 

2. Gratis 

Google Workspace bisa digunakan secara gratis, sementara Microsoft Office tidak bisa. Untuk penggunaan pribadi, kamu bisa menggunakan Google Workspace secara gratis. Hal itu tentu menjadi kelebihan tersendiri yang dimiliki oleh Google Workspace. 

3. Kolaboratif

Google tampaknya memang telah merancang Google Workspace digunakan untuk pekerjaan yang kolaboratif. Hal ini karena aplikasi Google Workspace tersedia di internet.

File yang dibuat atau diedit akan disimpan di Google Drive. Melalui itu, pengguna bisa membagikan pekerjaan mereka atau bekerja secara kolaboratif. 

4. Mudah digunakan

Google Workspace dan Microsoft 365 dapat dengan mudah digunakan secara online dari perangkat mana pun. Walaupun, Google terkenal lebih user friendly.

Namun, Google Workspace justru mempermudah penggunanya karena aplikasi yang saling terintegrasi dan mudah untuk diakses. 

5. Terintegrasi

Masih berkaitan dengan hal sebelumnya, Google Workspace memiliki keunggulan karena aplikasi ini terintegrasi dengan aplikasi lainnya.

Hal tersebut seperti Google Task yang terintegrasi dengan Google Calender, Google Mail yang terintegrasi dengan Google Drive, dan lain sebagainya. Bukan itu saja, Google Workspace juga bisa terintegrasi dengan banyak aplikasi lainnya atau layanan pihak ketiga. 

Nah, itulah setidaknya lima alasan kenapa kamu perlu beralih dari Microsoft Office menuju Google Workspace. Semoga informasi ini bermanfaat. Jadi bagaimana menurut kamu, apakah tertarik untuk beralih ke Google Workspace?

avatar

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin