Apakah Windows on ARM Akan Jadi Masa Depan Komputasi? - Winpoin

 

Apakah Windows on ARM Akan Jadi Masa Depan Komputasi?


  • Posted by
  • 2 min

Dalam beberapa tahun kebelakang ini pasar Windows on ARM memang tampak tidak bergerak dan masih tertinggal jauh dibandingkan Windows konvensional, namun baru baru ini dengan kehadiran Snapdragon X Elite dan Snapdragon X Plus tampaknya akan membuka lembaran baru untuk Windows on ARM.

Menurut informasi yang dibagikan Microsoft dalam halaman resminya, mereka menjelaskan bahwa mereka telah memperluas dukungan kepada developer diseluruh dunia untuk membantu mereka dalam membangun aplikasi dan perangkat untuk ARM. Mereka juga menjelaskan bahwa Arm Advisory Service for developers kini mendukung bahasa Inggris, Cina dan Jepang, selain itu, ini akan tersedia selama jam kerja di zona waktu lokal mana pun.

Nah bersamaan dengan dukungan yang diperluas, Microsoft menyampaikan bahwa seri baru laptop yang bertenaga Qualcomm Snapdragon X Elite dari produsen besar akan memasuki pasar pada tahun 2024, dimana Prosesor ini akan mengemas Neural Processing Unit (NPU) khusus untuk menangani tugas AI secara native di perangkat.

Performa Makin Mantap

Dari bocoran skor benchmark Chip Snapdragon X Elite dan X Plus di Windows 11 on ARM, tampak jelas bahwa skor single core dan multicore cukup mantap dan mampu bersaing dengan processor x64 yang saat ini masih menjadi dominan.

Bahkan dalam benchmark Davincy Resolve antara Snapdragon X Elite X1E80100 vs Intel Core Ultra 7 155H memiliki hasil yang cukup jauh berbeda dengan Snapdragon mendapati performa yang lebih cepat.

Dengan dukungan processor ARM dan NPU yang mampu menangani tugas AI, era perangkat Windows on ARM mungkin akan menjadi berkembang, dan bahkan saat ini selain Microsoft dengan perangkat Surface mereka, sudah ada beberapa produsen seperti (Lenovo, DELL, HP) yang berencana merilis perangkat baru mereka dengan chipset ARM, bahkan beberapa aplikasi seperti Foxit, NorfVPN dan SurfShark telah bergabung dalam upaya untuk ikut dalam program mengembangkan aplikasi ARM mereka.

Nah jika kamu seorang developer dan ingin ikut membuat aplikasi untuk perangkat ARM, kamu bisa langsung saja meluncur ke halaman berikut untuk menghubungi Tim App Assure.

Apakah Windows on ARM Akan Menjadi Masa Depan?

Jika seandainya Microsoft sangat serius dan bisa mengembangkan dan bekerja sama dengan berbagai produsen agar ARM makin baik, maka tentu bisa saja Windows on ARM ini akan dapat mendominasi pasar dimasa depan, terlebih dengan chipset berbasiskan ARM, selain perangkat akan mendapatkan performa yang lebih baik, penggunaan battery-pun akan menjadi lebih baik dan akan menjadi lebih hemat.

Dan mungkin saja dimasa depan, Microsoft bisa bertindak seperti Apple yang mulai meninggalkan sistem x64 mereka dengan Apple Silicon yang berbasiskan ARM.

Namun bagaimana menurutmu? coba komen dibawah guys, apakah Windows on ARM ini akan menjadi masa depan komputasi?

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin