Cara Cek Dukungan NPU di Perangkat Windows 11 | WinPoin

 

Cara Cek Dukungan NPU di Perangkat Windows 11 | WinPoin

Di Windows 11 kita sebenarnya bisa dengan cepat memeriksa apakah perangkat yang kita gunakan ini telah dilengkapi oleh NPU (Neural Processing Unit). Bagi yang belum tahu, NPU ini merupakan sebuah chip yang dirancang untuk mempercepat proses tugas AI yang biasanya ada didalam CPU.

Nah karena perangkat baru yang dibuat ditahun 2024 akan memiliki dukungan NPU (terutama laptop), ada baiknya kita mengetahui bagaimana cara cek dukungan NPU di Perangkat Windows 11. Dan berikut adalah langkah singkatnya.

Dari Task Manager

Kamu bisa membuka Task Manager di sistem Windows 11 yang kamu gunakan, jika perangkat kamu sudah memiliki NPU, kamu akan melihat NPU pada halaman Performance di Task Manager.

Melalui Device Manager

Selain dari Task Manager kita bisa menggunakan Device Manager, caranya sederhana, cukup klik kanan Start dan pilih Device Manager.

Selanjutnya silahkan kamu cari bagian Neural processors, jika ada maka perangkat kamu sudah memiliki NPU.

Dari Halaman Website Processor

Jika kamu pengguna Processor Intel, kamu bisa masuk ke halaman berikut, kemudian klik pada bagian Processor > pilih processor yang kamu gunakan.

Selanjutnya silahkan kamu scroll dan cari bagian NPU Specifications, jika ada maka perangkat kamu sudah memiliki NPU.

Sementara itu, jika kamu pengguna AMD, sayangnya untuk saat ini hanya AMD Ryzen 7040 dan 8040 Series yang sudah memiliki NPU bawaan untuk akselerasi AI, selain itu Dukungan NPU dari AMD pun masih belum tersedia di Task Manager untuk saat ini.

NPU sendiri dalam beberapa tahun kedepan mungkin akan menjadi bagian penting perangkat PC dan Laptop mengingat saat ini sudah cukup banyak aplikasi yang mengandalkan teknologi AI. Dengan NPU tentu performa dan tugas AI bisa berjalan lebih cepat dibandingkan hanya mengandalkan CPU.

Nah apakah kamu sudah menggunakan perangkat yang mendukung NPU? komen dibawah guys.

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Next Post

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin