Elon Musk Gugat OpenAI karena Utamakan Profit Bukan Kemanusiaan - BeritaSatu

 Elon Musk Gugat OpenAI karena Utamakan Profit Bukan Kemanusiaan

BeritaSatu.com

Jakarta, Beritasatu.com - CEO Tesla dan SpaceX Elon Musk menggugat perusahaan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI), OpenAI. Perusahaan yang dipimpin oleh teknopreneur Sam Altman itu digugat Elon Musk kareena lebih mementingkan profit bukan kemanusiaan.

ADVERTISEMENT

Dikutip The Verge, Sabtu (2/3/2024), Elon Musk mengatakan bahwa OpenAI telah melenceng dari misi awal saat OpenAI didirikan. Diketahui OpenAI didirikan pada 2015. Waktu itu salah satu investor yang membantu OpenAI didirikan adalah Elon Musk.

Hanya saja pada 2018 Elon Musk keluar dari Dewan Direktur OpenAI karena tidak ingin muncul konflik dengan perusahaan  yang dia miliki. Pasalnya Elon Musk ingin membuat kecerdasan buatan dengan Tesla.

Kini, Elon Musk justru memasukkan gugatan terhadap OpenAI ke pengadilan Amerika Serikat,  

"Gugatan ini diajukan di pengadilan San Francisco pada hari Kamis. Elon menuding OpenAI lupa dengan misi awal perusahaan itu didirikan karena ulah Microsoft," sebut The Verge.

Dalam pandangan Elon Musk, Microsoft mengubah OpenAI  menjadi entitas yang lebih tertutup dan fokus pada profit. Padahal OpenAI justru harusnya menjadi perusahaan yang terbuka dan menghasilkan produk kecerdasan buatan yang bisa membantu manusia dalam kesehariannya.

"Menurut gugatan tersebut, tindakan ini merupakan pelanggaran terhadap kesepakatan awal yang dibuat antara Elon, Altman, dan Presiden OpenAI Greg Brockman, yang berjanji untuk menjadikan proyek ini sebagai organisasi non-profit dan menjaga teknologinya sebagai perusahaan terbuka," jelas The Verge.

Dalam gugatannya Elon Musk ingin agar OpenAI agar kembali ke misi awal dan fokus pada pengembangan kecerdasan buatan yang bermanfaat buat manusia, bukan untuk keuntungan pribadi individu dan perusahaan yang ada di belakang OpenAI. 
 

Elon Musk

Elon Musk AI

openai

microsoft

gugatan

Simak berita dan artikel lainnya di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin