Menilik Manfaat Program Garansi Bebas Pengembalian Shopee bagi Penjual - CNN Indonesia

 Menilik Manfaat Program Garansi Bebas Pengembalian Shopee bagi Penjual

E-commerce

Jakarta, CNN Indonesia --

Salah satu program terbaru Shopee, Garansi Bebas Pengembalian menuai pro dan kontra dari para penjual. Ada yang antusias menyambut, tapi tak sedikit yang cemas bakal merugi.

Dengan program Garansi Bebas Pengembalian yang berlaku untuk produk berlabel "Bebas Pengembalian", pembeli dapat mengajukan pengembalian barang ke penjual dengan alasan berubah pikiran. Bertujuan meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pembeli, ada sejumlah syarat dan ketentuan untuk mengikuti program ini.

Peluncuran program Garansi Bebas Pengembalian ini pun dipandang para penjual sebagai kesempatan mendapatkan lebih banyak pembeli untuk mengunjungi toko dan berbelanja, juga meningkatkan kepercayaan pembeli, serta mendorong potensi pembelian berulang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Salah satunya, penjual dengan akun @j*******n menilai bahwa Garansi Bebas Pengembalian akan dapat meningkatkan kepuasan pembeli. Senada, penjual dengan akun @c***********s menyebut kesetiaan pembeli bisa dimaksimalkan lewat program itu.

"Saya menilai bahwa fitur ini baik untuk menjaga loyalitas user terhadap shopee, dan saya tidak khawatir selama SOP berjalan sesuai dengan standard dan tidak merugikan seller," kata @c***********s.

Di sisi lain, ada penjual yang menyebut Garansi Bebas Pengembalian sebagai tantangan untuk mengoptimalkan kenyamanan berbelanja. Misalnya, dengan menampilkan foto produk yang sesuai aslinya.

Tetapi, ada juga penjual yang khawatir program Garansi Bebas Pengembalian bakal merugikan, terkait dengan biaya tambahan yang dibebankan pada penjual untuk pengembalian barang/dana. Lalu, ada penjual yang was-was apabila pembeli melakukan kecurangan.

"Barang sudah sesuai kami kirim, pembeli ajukan pengembalian tapa alasan jelas, diterima begitu saja oleh Shopee, ongkir pengembalian masa ditanggung seller. Buset rugi banget asli, kacau," ujar akun @h******o.

"Shopee tolong dong kasih penjelasan kenapa barang yang diretur atas alasan "berubah pikiran" ongkir bolak baliknya dibebankan ke seller? Kita ga salah apa-apa, tapi harus bayar ongkos kirim hanya karena kegabutan orang lain," kata akun @r***********a.

Beragam respons tersebut merupakan hal lazim, khususnya ketika informasi lebih detail belum diketahui. Berikut adalah penjelasan terkait program Garansi Bebas Pengembalian.

4 Fakta soal Garansi Bebas Pengembalian di Shopee

1. Bebas Biaya Ongkir untuk Penjual

Penjual tidak dikenakan biaya ongkir pengembalian barang dengan alasan "Berubah Pikiran". Jika ada penjual yang dibebankan ongkos kirim untuk pengembalian barang dengan alasan "Berubah Pikiran" pada program Garansi Bebas Pengembalian, maka Shopee akan mengembalikan dana ongkos kirim dalam 1-3 hari ke akun penjual tanpa perlu mengajukan permintaan apapun.

Selain itu, mulai awal April 2024 mendatang, ongkos kirim pengembalian barang dengan alasan khusus "Berubah Pikiran" secara otomatis tidak akan ditagihkan kepada penjual.

2. Pilihan Pengajuan Pengembalian Sebagian Produk untuk Pembeli

Pembeli melalui program Garansi Bebas Pengembalian dapat mengajukan pengembalian sebagian jumlah produk/dana sesuai kebutuhan, sehingga tidak perlu mengembalikan seluruh pesanan.

Kini, pembeli bisa mengajukan pengembalian barang/dana untuk produk tertentu yang ingin dikembalikan ke penjual, walaupun produk tersebut datang dalam satu pesanan yang sama. Produk yang tidak diajukan dalam pengembalian barang atau dana, akan tetap terjual.

Dengan begitu, proses pengembalian barang ke penjual menjadi lebih efisien dan efektif.

3. Berlaku Sesuai Ketentuan

Untuk meminimalisir kecurangan dan penyalahgunaan oleh pembeli yang mengakibatkan kerugian terhadap penjual, Shopee mengadakan penilaian performa setiap akun pembeli secara berkelanjutan melalui sistem internal.

Shopee memastikan, hanya pembeli yang memenuhi syarat dan ketentuan yang bisa mendapatkan keuntungan program Garansi Bebas Pengembalian. Jika ada pembeli yang teridentifikasi pernah melakukan penyalahgunaan atau tidak memenuhi syarat program Garansi Bebas Pengembalian, maka akun pembeli terkait akan diblokir oleh Shopee.

Langkah ini sekaligus agar penjual terhindari dari pembeli yang terindikasi dan terbukti menyalahgunakan program Garansi Bebas Pengembalian.

4. Pengembalian Tak Sesuai, Penjual Dapat Ajukan Banding

Pada program Garansi Bebas Pengembalian di Shopee, para penjual mempunyai hak untuk mengajukan banding meski sudah ada keputusan agen Shopee, jika menemukan pengembalian barang yang tidak sesuai syarat dan ketentuan dari pembeli.

Pembeli pun diwajibkan melakukan pengemasan pengiriman pengembalian barang yang benar dan aman. Apabila penjual menghadapi kendala dalam pengajuan banding, disarankan untuk langsung menghubungi customer service Shopee.

Sementara, jika terbukti benar dan memenangkan banding, maka penjual berhak mendapatkan hasil penjualan.

Dengan pemahaman lebih mendalam, penjual diharapkan tak ragu lagi memanfaatkan program terbaru Shopee, Garansi Bebas Pengembalian yang dapat memperluas jangkauan pengunjung toko, hingga memaksimalkan kepuasan saat berbelanja.

(rea/rir)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin