Operator Seluler Matikan Layanan Internet di Bali Saat Nyepi - Selular ID

 

Operator Seluler Matikan Layanan Internet di Bali Saat Nyepi

Operator Seluler Kompak Matikan Layanan Internet di Bali Saat Nyepi.
Operator Seluler Kompak Matikan Layanan Internet di Bali Saat Nyepi.

JAKARTA, SELULAR.ID – Operator telekomunikasi seluler mematikan layanan internet di Bali saat Hari Raya Nyepi, Senin (11/3/2024).

Tidak adanya internet ini sesuai dengan peraturan pemerintah melalui surat edaran yang sudah ada.

Surat Edaran Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 02 Tahun 2024 terkait imbauan untuk Melaksanakan Seruan Bersama Tentang Pelaksanaan Rangkaian Hari Suci Nyepi Tahun Baru Caka 1946 Provinsi Bali 2024.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka kepada seluruh penyelenggara telekomunikasi yang menyediakan layanan data seluler dan IPTV di Provinsi Bali untuk menghentikan fasilitas layanan tersebut sementara.

Erwin Kusumawan, Manager Corporate Communications Telkomsel Jawa Bali mengatakan, Telkomsel selaku salah satu penyelenggara telekomunikasi akan mematuhi imbauan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika tersebut.

TONTON JUGA:

“Penghentian sementara layanan data internet Telkomsel dan IPTV Indihome akan diterapkan di wilayah Provinsi Bali pada hari Senin 11 Maret 2024, pukul 06.00 WITA hingga Selasa 12 Maret 2024, pukul 06.00 WITA, terkecuali pada obyek-obyek vital serta layanan publik lainnya yang menurut sifatnya harus tetap berlangsung seperti rumah sakit, kantor polisi, dan lain-lain,” ucap Erwin.

Sementara itu, Steve Saerang, SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison menjelaskan IOH juga akan mematikan layanan data seluler di Bali saat Nyepi.

Sebagai pengecualian, layanan yang menjangkau objek vital tetap berjalan.

“Untuk mendukung kesucian ibadah Nyepi, kami akan menghentikan layanan data seluler secara sementara,” ujar Steve.

“Layanan telekomunikasi yang menjangkau objek vital dan fasilitas penting seperti rumah sakit, kantor kepolisian, bandara, dan pemadam kebakaran akan tetap beroperasi demi kepentingan umum,” sambungnya.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sudah menyatakan kembali mematikan layanan internet di wilayah Bali.

Kebijakan tersebut untuk menghormati Umat Hindu yang akan merayakan Hari Raya Nyepi pada Senin (11/3/2024).

Tak hanya layanan internet seluler, siaran televisi berbasis internet atau IPTV juga akan mengalami dampaknya sehingga tidak bisa diakses masyarakat di Pulau Bali.

Dimatikannya internet seluler dan IPTV oleh Kominfo ini sebagai tindaklanjut dari permintaan Pemerintah Provinsi Bali melalui surat nomor B.24.000/1734/IKP/D.KOMINFOS Tentang Pemberhentian Data Seluler dan Tidak Mendistribusikan Siaran Televisi pada Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1946.

Surat tersebut ditujukan kepada Menkominfo Budi Arie Setiadi.

“Iya (internet seluler dan IPTV di Bali akan dimatikan). Himabauannya diberikan kepada seluruh penyelenggara telekomunikasi yang menyelenggarakan internet dan IPTV,” ujar Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika (Dirjen PPI) Kementerian Kominfo, Wayan Toni Supriyanto.

Adapun, layanan internet dan IPTV akan dimatikan saat Hari Raya Nyepi, pada Senin (11/3/2024) dari mulai pukul 06.00 WITA sampai dengan pukul 06.00 WITA pada Selasa (12/3/2024).

Kendati begitu, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kementerian Kominfo, Usman Kansong, mengatakan bahwa layanan di kawasan objek vital tetap hidup.

“Pemprov Bali sudah mengumumkannya kepada publik antara lain melalui sma. Pengumuman itu berbunyi: “Untuk mendukung Hari Suci Nyepi layanan Data Seluler dan IPTV di Bali dibatasi, untuk Obyek Vital tetap hidup,” kata Usman.

Pemprov Bali pun telah mengumumkan ke masyarakat di Pulau Bali bahwa layanan internet dan IPTV akan dimatikan saat Nyepi 2024 melalui SMS blast.

Dimatikannya internet dan IPTV saat Nyepi ini bukan pertama kali terjadi. Dipadamkannya layanan tersebut sudah berlangsung sejak tahun 2018.

Simak berita menarik lainnya dari Selular.id di Google News

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)