Sebelum Emulator Yuzu Ditutup, Ada Orang Mengadu ke Nintendo - Gamebrott

 

Sebelum Emulator Yuzu Ditutup, Ada Orang Mengadu ke Nintendo

A A
Emulator Yuzu Ditutup

Emulator Yuzu Ditutup – Kabar mengenai penutupan dan juga penghentian pengembangan emulator Yuzu atas tuntutan dari Nintendo membuat banyak Gamer kaget. Itu karena emulator open source yang dapat menjalankan emulasi Nintendo Switch tersebut cukup populer dikalangan penggunanya di internet.

Ada berbagai macam penyebab dan alasan kenapa emulator terseebut mau tidak mau harus ditutup dan dihentikan pengembangannya. Namun ternyata sebelum emulator ini ditutup, ada informasi bahwa seseorang melaporkan emulator ini ke pihak Nintendo. Lho, serius nih?!

Ada Orang yang Mengadu ke Nintendo Sebelum Emulator Yuzu Ditutup

Emulator Yuzu Ditutup
Ada orang yang mengadu ke Nintendo?

Informasi ini berasal dari pengguna akun Twitter bernama @saaaaarraah. Lewat sebuah postingan tweet, dia menemukan informasi bahwa ada seseorang yang mencoba mengadukan keberadaan emulator Nintendo Switch bernama Yuzu ini ke pihak Nintendo.

Pengaduan tersebut diketahui ada hubungannya dengan kekesalan dia dimana tim Yuzu tidak menanggapi keinginan dia dalam emulator ini.

Alasan Dia Mengadu ke Nintendo

Emulator Nintendo Switch
Apa alasan dia mengadu ke Nintendo?

Berdasarkan informasi archive di GitHub milik Yuzu sebelum dihapus dari internet, pengguna akun bernama phukyuzu membuat sebuah postingan dalam kategori issue pengembangan Yuzu. Di postingan tersebut dia mengeluhkan kalau emulator ini tidak bisa dijalankan pada Windows 7.

Karena masukan dia tidak ditanggapi oleh tim pengembangan Yuzu, phukyuzu menunjukkan beberapa screenshot berupa kiriman 93 email. Email tersebut berupa pengaduan kepada beberapa pihak yang diketahui email resmi dari perusahaan Nintendo mengenai emulator Nintendo Switch buatan tim Yuzu.

Kalian bisa lihat postingan archive-nya di bawah ini.

Emulator Yuzu Ditutup
Postingan archive kekesalan dari user phukyuzu karena emulator Yuzu tidak bisa dijalankan di Windows 7
Emulator Yuzu Ditutup
Buset, nge-cepu langsung ke Nintendo

Selain itu, phukyuzu juga menjelaskan di salah satu thread forum yang tampak seperti Reddit bahwa tim pengembang Yuzu telah melakukan hal-hal kurang menyenangkan bagi beberapa kalangan penggunanya. Terlebih ada dugaan bahwa mereka mencuri aset build orang lain yang kemudian digunakan pada emulator Yuzu.

Emulator Yuzu Ditutup
Dugaan tim Yuzu melakukan hal-hal kurang menyenangkan dan menggunakan aset build orang lain di emulator mereka

Dilihat sekilas dari pengaduan di atas, tidak sedikit dari Gamer merasa hal ini menjadi awal penyebab Nintendo langsung menuntut ke tim Yuzu dan meminta mereka menutup serta menghentikan pengembangannya.

Namun hal tersebut masih sekadar spekulasi saja. Tidak menutup kemungkinan pihak Nintendo sudah lama memantau banyak emulator yang ada potensi telah melanggar hak cipta produk mereka sejak lama.

Berdasarkan dokumen persidangan tuntutan Nintendo terhadap Yuzu, mereka juga telah melakukan investigasi lebih dalam hal-hal apa saja yang membuat emulator tersebut telah melanggar hak cipta perusahaannya.

Benar atau tidak user phukyuzu menjadi awal penyebab Nintendo menuntut Yuzu, semua itu sudah terlanjur emulator ini ditutup dan dihentikan pengembangannya berdasarkan hasil persidangan.

Itulah informasi mengenai ada seseorang yang mengaduk ke pihak Nintendo mengenai emulator Yuzu yang dapat menjalankan Nintendo Switch sebelum akhirnya ditutup. Bagaimana menurut kalian dengan hal ini?

Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Emulator atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Tags:

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)