SpaceX Bikin Satelit Pengintai Dunia, Rusia Ancam Aksi Militer - detik inet

 

SpaceX Bikin Satelit Pengintai Dunia, Rusia Ancam Aksi Militer

Fino Yurio Kristo

Moskow-

SpaceX, perusahaan pesawat antariksa milik Elon Musk, diam-diam tengah membuat ratusan satelit mata-mata khusus. Mereka rupanya telah dikontrak oleh lembaga intelijen Amerika Serikat dengan nilai yang menurut sumber dilaporkan mencapai USD 1,8 miliar. Ini membuat Rusia gusar.

Kontrak yang ternyata sudah ditandatangani pada tahun 2021 itu, bertujuan untuk mengembangkan sistem satelit pengintaian canggih. Ratusan satelit mata-mata-mata tersebut, akan mampu merekam bagian-bagian Bumi dengan tajam dan beroperasi di orbit rendah.

Saat selesai, konstelasi satelit itu akan membuat intelijen Amerika mampu mengidentifikasi target yang di seluruh dunia. "NRO mengembangkan intelijen andal berbasis luar angkasa yang paling mumpuni dan beragam yang pernah dilihat dunia, untuk pengintaian dan pengawasan," sebut NRO (National Recoinnaisance Office).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bahkan seorang sumber yang dekat dengan program itu mengklaim, satelitnya dirancang dengan kemampuan untuk memastikan siapapun tidak dapat bersembunyi dari pengawasannya.

Mendengar kabar ini, Rusia menebar ancaman. Mereka menuding AS memanfaatkan operator satelit komersial untuk upaya intelijen dan mengancam akan menggelar tindakan militer sebagai tanggapan.

"Kami menyadari upaya Washington untuk menarik sektor swasta untuk melayani ambisi militer di luar angkasa. Sistem itu menjadi target sah untuk tindakan balasan, termasuk aksi militer," cetus juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova yang dikutip detikINET dari Yahoo News, Kamis (21/3/2024).

Belum lama ini, Rusia dilaporkan sedang mencoba mengembangkan senjata nuklir luar angkasa yang akan menghancurkan satelit dengan menciptakan gelombang energi yang sangat besar ketika diledakkan. Ini berpotensi melumpuhkan sebagian besar satelit komersial dan pemerintah.

Presiden Joe Biden telah secara terbuka mengkonfirmasi ada kemampuan anti satelit nuklir Rusia yang baru. Senjata ini masih dikembangkan dan belum berada di orbit. Namun jika digunakan, dapat menyebabkan gangguan ekstrem terhadap kehidupan sehari-hari. Ia bisa menciptakan gelombang energi elektromagnetik dan banjir partikel bermuatan tinggi yang akan mengganggu satelit yang mengorbit Bumi.

Simak Video "4 Anggota SpaceX Crew-7 Selesaikan Misi 6 Bulan di ISS"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)

Awesome
Needs Work
Contact

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin