Youtube Kini Mewajibkan Penandaan Pada Video Deepfake Yang Dihasilkan AI - Winpoin

 

Youtube Kini Mewajibkan Penandaan Pada Video Deepfake Yang Dihasilkan AI

Gylang Satria

Teknologi AI kini makin maju terlebih dalam hal image generator dan video deepfakenya, dan bahkan video deepfake dulu masih terkesan sangat kasar sehingga pengguna masih dapat membedakannya dengan cukup cepat.

Namun kini saking realistisnya, video deepfake makin terlihat nyata dan jika kita tidak teliti, kita mungkin bisa saja tertipu oleh video tersebut. Selain itu, video deepfake sendiri sayangnya dapat dimanfaatkan untuk hal yang tidak bertanggung jawab dengan banyaknya kasus hoax, penipuan, dan hingga konten pornography yang dapat merugikan banyak orang.

Mengenai hal tersebut, Youtube akhir akhir ini bertindak cepat dengan mewajibkan pengguna untuk menandai generated video pada platform mereka, dan seperti yang dijelaskan pada halaman berikuttagging tool kini telah tersedia dihalaman Creator Studio.

Jika pengguna menandai video sebagai AI Generated, nanti pada halaman Youtube Player, Youtube akan menambahkan label “altered or artificial content” atau “sound or visual effects are significantly altered or digitally generated.” pada bagian deskripsi.

Nah beberapa konten yang dianggap merupakan AI Generated mencakup :

  • Menggunakan kemiripan dengan orang yang realistis: Mengubah konten secara digital untuk mengganti wajah seseorang dengan wajah orang lain atau secara sintetis menghasilkan suara seseorang untuk menarasikan video.
  • Mengubah cuplikan peristiwa atau tempat nyata: Misalnya membuat bangunan seolah-olah terbakar, atau mengubah lanskap kota nyata agar tampak berbeda dari kenyataan.
  • Menghasilkan adegan realistis: Menampilkan penggambaran peristiwa besar fiksi yang realistis, seperti angin puting beliung yang bergerak menuju kota nyata.

Selain itu ada beberapa konten yang tidak dianggap AI Generated yang mencakup :

  • Konten yang jelas tidak realistis, seperti animasi atau seseorang mengendarai unicorn melewati dunia fantastik
  • Penyesuaian warna atau filter pencahayaan
  • Efek khusus seperti latar belakang buram atau efek vintage
  • Filter kecantikan atau penyempurnaan visual lainnya

Jika pengguna melanggar maka apa yang akan terjadi?, jawabannya adalah Youtube mungkin akan menghapus video dan pengguna akan dihapus dalam program monetasinya, sehingga hal ini sangat penting untuk pengguna perhatikan terlebih jika aktif dalam dunia Youtube dan konten kreasi.

Bagaimana menurutmu? silahkan berikan pendapatmu dibawah guys.

Via : Youtube

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Next Post

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)