Cara Mudik Menggunakan Mobil Listrik Jarak Pendek Agar Enggak Waswas - CNN Indonesia

 

Cara Mudik Menggunakan Mobil Listrik Jarak Pendek Agar Enggak Waswas

TIPS OTOMOTIF

Minggu, 07 Apr 2024 15:00 WIB

Ilustrasi. Mudik ke kampung halaman mengendarai mobil listrik. (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)

Jakarta, CNN Indonesia 

--

Selain mobil bensin atau diesel, pilihan mengendarai mobil listrik ke kampung halaman sah-sah saja sesuai kebutuhan. Bagi Anda yang percaya diri melakukan itu pasti harus mempelajari sejumlah poin agar perjalanan mudik tetap nyaman.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kenyamanan berkendara dengan mobil listrik terutama untuk perjalanan mudik. Berikut beberapa hal menurut Bridgestone Indonesia.

Rencanakan perjalanan

Pemudik yang menggunakan EV perlu mengalkulasi jarak tempuhnya serta lokasi tersedianya SPKLU di sepanjang perjalanan maupun kemampuan daya listrik di lokasi tujuan. Sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui lokasi stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) pengisian baterai terdekat dari posisi kalian.

Gaya mengemudi

Gaya berkendara yang santai dengan kecepatan stabil atau dikenal dengan Eco Driving, dapat memaksimalkan jangkauan kendaraan kalian.

Sebaliknya, gaya berkendara yang agresif dengan kecepatan tinggi, yang disertai pengereman yang mendadak akan menghabiskan lebih banyak energi.

Disarankan untuk mengaktifkan cruise control untuk menjaga kecepatan mobil tetap stabil dan menghindari penggunaan kecepatan tinggi yang bisa mempengaruhi jarak yang dapat ditempuh.

Kondisi jalanan

Di jalan yang rata, motor listrik pada mobil tidak perlu bekerja secara extra, sehingga mengurangi konsumsi energi dari baterai listrik. Sebaliknya, motor listrik akan bekerja dengan extra saat berada di jalan yang berkelok-kelok atau menanjak, yang menyebabkan konsumsi listrik lebih boros.

Hal ini tentunya terjadi pada semua kendaraan, terlepas dari jenis tenaga penggeraknya. Namun bagi pengguna mobil EV, hal ini patut mendapat perhatian lebih, mengingat menghemat daya sangat penting karena masih terbatasnya SPKLU. Cek posisi SPKLU di kota tujuan.

Manfaatkan regenerative braking

Manfaatkan sistem pengereman regeneratif, yang mengubah energi pengereman menjadi daya baterai. Lalu, matikan fitur yang tidak perlu seperti AC, radio, dan kursi berpemanas saat tidak digunakan.

Gunakan mode Eco

Beberapa model kendaraan listrik memiliki fitur Eco Mode. Eco mode adalah cara sederhana untuk mengoptimalkan jangkauan kalian selama perjalanan, yang termasuk pengaturan suhu kabin dan resirkulasi udara untuk menghemat energi dan memaksimalkan jangkauan.

Perawatan ban

Pastikan tekanan udara pada ban sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan. Tekanan udara yang kurang optimal dapat meningkatkan penggunaan baterai.

Selalu periksa kondisi ban sebelum memulai perjalanan mudik. Ban yang sudah aus atau bocor bisa mempercepat pengurangan daya baterai dan mengancam keselamatan.

(afr/mik)

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)