Gmail Bikin Kaget Dikira Prank, Kini Berusia 20 Tahun - CNBC Indonesia

 

Gmail Bikin Kaget Dikira Prank, Kini Berusia 20 Tahun

gmail

Foto: Reuters

Jakarta, CNBC Indonesia - Tahun ini menandakan 20 tahun layanan Gmail resmi beroperasi. Ternyata pada awalnya, layanan email milik Google itu dianggap sebagai prank.

Hal itu tak mengherankan karena kemunculannya pada 1 April, yang diperingati sebagai April Mop. Tanggal tersebut biasanya digunakan untuk berbagi lelucon dengan keluarga dan kerabat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Jika Anda berpikir mengenai proposisi nilai yang hadir untuk Google saat pertama kali diluncurkan, ini adalah pencarian secepat kilat," kata Wakil Presiden Gmail, Ilya Brown, dikutip dari The Verge, Senin (1/4/2024).

Dia menyebutkan Gmail hadir dengan memecahkan masalah seperti bosan mengelola email, spam, dan penyimpanan inbox yang tidak masuk akal.

Sepanjang perjalanan hidupnya, Google diketahui terus melakukan perubahan pada Gmail. Salah satunya pada 2008, Gmail memiliki tema untuk membuatnya lebih unik dibandingkan kompetitor.

Selain itu pengguna juga memiliki 15 GB penyimpanan gratis. Selain itu Google menyediakan sejumlah fitur lain seperti menambahkan prioritas email, smart reply, kartu ringkasan dan tombol satu kali klik untuk berhenti berlangganan email dari perusahaan tertentu.

Meski ekspektasi besar membayangi Gmail, Google juga tak gegabah membangunnya. Perusahaan dinilai cukup berhati-hati untuk merilis fitur dan mengembangkannua.

"Kami anggap serius adalah membangun sesuatu (dari pengguna Gmail) yang dibutuhkan," jelas Senior Director dan Product Manager Gmail, Maria Fernandez Guajardo.

Brown menjelaskan Gmail hampir seperti identitas penggunanya. Bahkan menjadi representatif seseorang di dunia luar.

"Bagaimana kami membantu mengembangkan identitas bersama pengguna seiring berjalannya waktu? Kami belum punya, namun sudah memikirkannya," jelas Brown.


Saksikan video di bawah ini:

Video: Tarik Investasi Data Center, RI Butuh Benahi Persoalan Ini

Artikel Selanjutnya

Google Hapus Gmail 1 Desember, Ini Cara Agar Email Tak Hilang


(fab/fab)

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)