Layanan Chrome Enterprise Premium Tawarkan Fitur Keamanan Berlapis - info Komputer

 Layanan Chrome Enterprise Premium Tawarkan Fitur Keamanan Berlapis

Adam Rizal

Selasa, 16 April 2024 | 09:00 WIB

Ilustrasi Google Chrome.

Google meluncurkan Chrome Enterprise Premium sebagai solusi tambahan pengguna bisnis yang mengutamakan keamanan tambahan. Dengan biaya langganan USD 6 per pengguna per bulan, Chrome Enterprise Premium menawarkan fitur-fitur tambahan yang tidak tersedia dalam versi Core yang gratis. 

Perbedaan utamanya terletak pada kemampuan DLP yang memungkinkan bisnis untuk membatasi akses terhadap data sensitif, pemindaian malware yang lebih dalam, perlindungan komprehensif terhadap software berbahaya, dan pembatasan add-on tidak sah. 

Layanan itu memungkinkan update otomatis untuk menambal celah keamanan dan memiliki kontrol manajemen izin web yang terpusat di seluruh perangkat. Selain itu, versi gratis juga tetap memiliki perlindungan malware dan phising yang jauh lebih ketat.

Sementara itu, Chrome Enterprise Core tetap menyediakan fitur keamanan penting seperti update otomatis dan kontrol manajemen izin web. Dengan Chrome Enterprise, Google bertujuan untuk memberikan lapisan keamanan ekstra terutama bagi pelaku bisnis dan organisasi yang menggunakan browser paling populer di dunia.

Meskipun Google tetap berkomitmen untuk menjaga keamanan pada Chrome untuk pengguna umum, kehadiran Chrome Enterprise akan menjanjikan keamanan ekstra terutama bagi pelaku bisnis dan organisasi.

Kehadiran Fitur AI

Google menambahkan tiga fitur Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan terbaru ke aplikasi browser Chrome. Pengembangan ketiga fitur itu berdasarkan teknologi AI generatif dan akan memberikan manfaat yang besar kepada pengguna Chrome. Tentunya, kehadiran ketiga fitur AI itu akan membuat pengguna Chrome lebih nyaman saat menjelajahi platform tersebut sekaligus meningkatkan tingkat keamanan dan aksesibilitas Chrome secara keseluruhan.

Google mengungkapkan bahwa ketiga fitur AI tersebut adalah sebagai berikut:

1. Tab Organizer yang memungkinkan pengguna untuk mengatur tab-tab yang terbuka secara otomatis, membantu dalam penelusuran topik, perencanaan perjalanan, dan penelitian produk.

2. Pembuatan tema otomatis. Fitur AI itu akan membantu pengguna membuat tema sesuai suasana hati dan selera pengguna dengan bantuan AI, menghilangkan kebutuhan untuk mencari tema secara manual.

3. Fitur 'Help me write', memungkinkan Chrome untuk membantu pengguna menulis ulasan atau komentar dengan memberikan rekomendasi kata-kata secara cepat, serta menambahkan caption langsung pada video yang diputar. Chrome juga dapat menyediakan berbagai macam rekomendasi kata yang bisa digunakan. Pengguna Chrome dengan adanya fitur AI terbaru juga disebut akan lebih mudah untuk menemukan poin-poin penting atau ringkasan dalam suatu halaman situs.

Fitur AI ini juga dapat mendeteksi potensi ancaman malware pada situs web, serta mengatur perizinan pada Chrome secara otomatis. Pengguna di PC Windows dan Mac akan segera mendapatkan akses ke fitur-fitur baru ini dalam beberapa hari ke depan, dimulai dari Amerika Serikat sebelum menyebar ke wilayah lain secara bertahap.

Baca Juga: Model AI GPT-4 Turbo Terbaru Mampu Memproses Data Lebih Banyak

Baca Juga: Microsoft Bangun Data Center Berbasis AI Rp46 Triliun di Jepang

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin