Sekilas Informasi Mengenai AI Explorer Yang Akan Hadir di Windows 11 | WinPoin

 

Sekilas Informasi Mengenai AI Explorer Yang Akan Hadir di Windows 11 | WinPoin

Seperti yang telah kita tahu, Windows 11 akan dilengkapi dengan AI yang dirancang untuk meningkatkan produktifitas dan pencarian diseluruh sistem operasi. Peningkatan ini kabarnya akan mulai tersedia pada Windows 11 versi 24H2 yang direncanakan akan hadir pada musim panas tahun ini yang tentunya dengan peningkatan tersebut akan memungkinkan OS peka terhadap konteks di semua aplikasi dan interface serta akan mengingat semua yang akan pengguna lakukan untuk meningkatkan produktivitas itu sendiri.

Baca Juga : Ada Dugaan System Requirements “AI Explorer” di Kode Windows 11 24H2

Nah kemampuan dan peningkatan baru yang akan dihadirkan ini adalah bagian dari aplikasi Internal baru yang Microsoft sebut dengan “AI Explorer” yang mana mungkin saja akan diperkenalkan pada event khusus pada 20 Mei 2024 mendatang.

AI Explorer ini akan menggunakan NPU atau Neural Processing Unit generasi berikutnya, sebuah perangkatkan keras khusus untk memproses machine learning dan AI Generative Experience secara lokal di perangkat dengan latensi yang rendah.

Nah rumornya, AI Explorer ini akan menjadi fitur Ekslusif bagi perangkat yang ditenagai oleh Chip Snapdragon X yang juga baru diperkenalkan beberapa minggu lalu, selain itu setidaknya perangkat yang didukung fitur ini haruslah memiliki 16 GB RAM.

Dan selain itu berikut adalah sekilas hal yang perlu kamu tahu mengenai AI Explorer yang akan hadir di Windows 11.

AI Explorer Akan Berjalan di Background dan Merekam Aktivitas Kita

Wajib kamu tahu bahwa AI akan mengingat semua hal yang kita lakukan pada sistem operasi, ini karena berdasarkan bocoran terbaru, AI Explorer akan memiliki suatu hal yang disebut dengan screen understanding dimana ini akan mencatat dan juga akan mempelajari apa yang kita kerjakan.

Menurut informasi Windows Central, AI Explorer akan berjalan di background dan menangkap semua hal yang kita lakukan di PC yang kemudian akan disimpan dan diproses untuk kita ingat dan gunakan dilain waktu, contohnya adalah kita dapat melakukan percakapan dengan teman di aplikasi WhatsApp for Windows, dan AI Explorer akan merekam dan mengingat konten yang ada di layar dan memprosesnya dengan AI untuk kita ingat lagi nanti. AI Explorer juga dapat meringkas percakapan, email, halaman web, dan tampilan UI umum hanya dengan memintanya selama atau setelah kejadian tersebut. 

Selain itu, kabarnya bahwa pengalaman ini ditampilkan secara local di perangkat dan tidak menjangkau cloud untuk memproses informasi. Hal ini tentunya adalah hal yang bagus karena tentu jika sampai menjangkau Cloud maka ini akan berpengaruh pada privacy pengguna, dan karena diakses secara lokal, maka AI Explorer akan mengandalkan NPU untuk memproses konten yang direkam, selain itu pengguna juga kabarnya bisa memfilter aplikasi tertentu agar tidak direkam dan diproses oleh AI Explorer. Mantap!!!

Kita Bisa Melakukan Pencarian Dengan Lebih Natural

Menurut informasi dari Windows Central, AI Explorer menampilkan UI yang berjalan sepanjang bagian atas layar dan memungkinkan pengguna untuk mengingat kenangan berdasarkan kriteria pencarian yang dimasukan pengguna.

Sebagai contoh pengguna bisa melihat beberapa halaman web tentang misalkan anime yang dilihat beberapa hari yang lalu tetapi tidak ingat nama situs webnya? Cukup ketik “tunjukkan halaman web tentang anime konosuba yang saya lihat beberapa hari yang lalu” dan AI Explorer akan dapat menampilkannya.

Dengan kata lain, percapakan dan pencarian yang dilakukan di AI Explorer ini akan berjalan sangat natural dan pengguna bisa mengaksesnya kapanpun pengguna mau loh. Menarik bukan?

AI Explorer Mampu Menganalisa Apa Yang Dilakukan di Layar

Nah AI Explorer sendiri kabarnya mampu melakukan lebih dari sekedar mengingat hal yang kita lakukan di perangkat termasuk mampu menganalisa apa yang sedang ditampilan di layar dan bahkan memberikan saran dan tugas kontekstual berdasarkan apa yang dilihatnya.

Sebagai contoh jika kita melihat gambar di aplikasi atau halaman web, AI Explorer dapat memberikan tugas yang disarankan seperti “menghapus latar belakang gambar ini menggunakan Paint“, yang dapat dimulai dengan satu klik.

Selain itu kita juga bisa meminta AI Explorer untuk membandingkan dua dokumen yang ada dilayar yang tentunya akan mengandalkan Copilot di Windows untuk membuat perbandingannya. Kemampuan ini disebut dengan screen understanding dan kabarnya ini akan menjadi nilai jual terbesar dari AI Explorer karena dapat digunakan disemua aplikasi tanpa memerlukan input dari developer.

AI Explorer Akan Memulai Era AI di Windows

Nah lagi lagi masih dari sumber dari Windows Central yang kabarnya bahwa AI Explorer akan hadir sebagai pengalaman AI yang sangat berguna yang bekerja di latar belakang untuk meningkatkan alur kerja saat menggunakan PC Windows.

Hal ini sebenarnya bukanlah hal yang baru loh, mengingat sudah ada aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Mac bernama Rewind.ai yang melakukan hampir semua hal yang ingin dicapai oleh AI Explorer.

Menurut Windows Central, keberadaan Rewind.ai membuktikan bahwa ini adalah konsep yang dapat dilakukan, dan Microsoft pada dasarnya membangun versinya sendiri ke dalam Windows 11 yang memindahkan sumber daya yang diperlukan untuk fitur tersebut ke NPU untuk menjauhkan beban dari CPU. AI Explorer akan menjadi perbedaan utama antara PC AI yang akan datang dan PC non-AI, kata sumber dari Windows Central. 

Secara umum, AI Explorer ini akan membuka era AI di Windows yang tentunya bertujuan agar pengguna dapat bekerja lebih mudah dan lebih efisien pada sistem operasi yang pengguna gunakan. Namun tentu perlu diingat kembali bahwa kabarnya AI Explorer ini akan menjadi fitur khusus pada processor Snapdragon X saja .

Bagaimana menurutmu? berikan pendapat dan opinimu dibawah guys.

Referensi : Windows Central

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Next Post

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin