Copilot vs Recall, Apa Bedanya? | WinPoin

 

Copilot vs Recall, Apa Bedanya? | WinPoin

Mungkin ada beberapa pengguna yang bertanya, apa sih bedanya dari Windows Copilot dan Recall mengingat keduanya adalah fitur yang ditenagai AI untuk meningkatkan produktifitas pengguna dalam hal penggunaan sistem operasi.

Nah perlu diketahui, meskipun kedua fitur didesain untuk meningkatkan pengalaman pengguna, keduanya memiliki tujuan yang berbeda dan tentu fungsi yang berbeda juga loh.

Microsoft Copilot

Mari kita mulai dengan Microsoft Copilot terlebih dahulu. Copilot merupakan asisten digital yang dirancang untuk membantu pengguna dalam hampir semua hal dimana AI yang dikembangkan dirancang untuk memberikan pengalaman chatting dan percakapan seperti manusia untuk menjawab berbagai pertanyaan apapun.

Selain itu, Copilot juga dapat melakukan berbagai tugas seperti mengubah pengaturan di sistem, memberikan intruksi untuk menyelesaikan konfigurasi tertentu, memberikan informasi lebih lanjut mengenai suatu fitur dan lainnya, dan bahkan kini Copilot dapat menganalisa dan membuat respon dari gambar menggunakan model DALL-E dari OpenAI.

Selain itu, karena mengandalkan fungsi yang lebih luas, Copilot terhubung ke server Microsoft untuk mengakses infrastruktur AI unutk memproses kueri yang dimasukan pengguna untuk respon yang lebih akurat. Nah perlu diketahui juga bahwa Copilot sendiri dapat diakses dari semua perangkat Windows 10 atau 11 tanpa ada requirement khusus.

Recall

Sementara itu, Recall adalah sebuah fitur timeline yang didukung oleh beberapa model AI yang berfungsi sebagai memory fotografi. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mencari dan menemukan hampir semua hal yang telah pengguna lakukan di perangkat termasuk dokumen, aplikasi, web, pesan dan lainnya.

Baca Juga : Ternyata Begini Cara Kerja Fitur Recall di Windows 11

Untuk cara kerjanya sendiri, Recall akan mengambil snapshot kira-kira setiap lima detik setelah pengambilan sebelumnya ketika ada sesuatu yang terjadi di layar. Kemudian, Recall akan menyimpan data secara lokal di “Windows Semantic Index” yang baru dan menjalankan beberapa model AI pada perangkat yang merupakan bagian dari Windows Copilot Runtime yang baru seperti Screen Region Detector, Optical Character Recognizer, Natural Language Parser, Image Encoder, dan Image Encoder untuk mendeteksi gambar, video, audio dan lainnya yang kemudian akan membuat informasi yang dihasilkan tersedia dengan penelusuran sederhana menggunakan bahasa yang lebih alami.

Baca Juga : Cara Hapus Snapshot Fitur Recall di Windows 11

Dan berbeda dengan Microsoft Copilot, Recall melakukan proses yang secara keseluruhan dilakukan secara offline didalam perangkat itu sendiri. Tidak ada hal apapun yang diunggah ke cloud atau server Microsoft dan fitur ini tidak memerlukan koneksi internet sama sekali. Selain itu, Recall kabarnya akan menjadi fitur eksklusif untuk PC Copilot+, dimana PC ini membutuhkan prosesor Qualcomm Snapdragon X Elite dengan NPU (Neural Processing Unit) , RAM minimal 16 GB, dan SSD 256 GB.

Baca Juga : Inilah Perangkat Copilot+ PC Yang Baru Diumumkan!

Jadi, dengan kata lain Recall dan Copilot adalah dua fitur yang berbeda dengan tujuan yang berbeda, Recall adalah fitur timeline yang memungkinkan pengguna kembali kemasa lalu untuk menemukan apapun yang telah pengguna lakukan sementara Copilot adalah asisten digital yang memberikan pengalaman AI yang bersifat percakapan.

Nah sudah paham bukan? jadi itulah sedikit penjelasan mengenai perbedaan Recall dan Copilot. Semoga bermanfaat.

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Next Post

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)