Mundur dari Gates Foundation, Mantan Istri Bill Gates Fokus ke Kegiatan Amal Sendiri - inews

 

Mundur dari Gates Foundation, Mantan Istri Bill Gates Fokus ke Kegiatan Amal Sendiri

Aditya Pratama
Mundur dari Gates Foundation, Mantan Istri Bill Gates Fokus ke Kegiatan Amal Sendiri

Melinda French Gates memutuskan meninggalkan yayasan amal yang dia dirikan bersama mantan suaminya Bill Gates, Bill & Melinda Gates Foundation. (Foto: Reuters)

WASHINGTON DC, iNews.id Melinda French Gates memutuskan meninggalkan yayasan amal yang dia dirikan bersama mantan suaminya Bill Gates, Bill & Melinda Gates Foundation lebih dari 20 tahun lalu. Pasangan miliarder yang berpisah pada 2021 setelah 27 tahun menikah ini sebelumnya berjanji untuk melanjutkan kerja filantropis mereka bersama-sama.

Mengutip Reuters, setelah keluar dari yayasan amal tersebut, Melinda akan mendapatkan 12,5 miliar dolar AS atas sumbangsihnya dalam mengangkat derajat perempuan dan keluarga. 

“Berdasarkan ketentuan perjanjian saya dengan Bill, dengan meninggalkan yayasan, saya akan mendapat tambahan 12,5 miliar dolar AS untuk berkomitmen pada pekerjaan saya atas nama perempuan dan keluarga,” ucap Melinda di platform media sosial X 

CEO Bill & Melinda Gates Foundation, Mark Suzman menuturkan, dengan kepergian Melinda sebagai ketua, yayasan tersebut akan berganti nama menjadi Gates Foundation dan Bill Gates akan menjadi satu-satunya ketuanya.

“Setelah beberapa tahun yang sulit menyaksikan kembalinya hak-hak perempuan di AS dan di seluruh dunia, dia ingin menggunakan perjalanan berikutnya untuk fokus secara khusus mengubah arah tersebut,” ujar Suzman.

Gates Foundation merupakan salah satu kekuatan paling kuat dan berpengaruh di bidang kesehatan masyarakat global, yang telah menghabiskan lebih dari 75 miliar dolar AS sejak awal berdiri untuk menerapkan pendekatan bisnis dalam memerangi kemiskinan dan penyakit.

Dari tahun 1994 hingga 2018, Bill dan Melinda menyumbangkan sekitar 59,5 miliar dolar AS kepada yayasan yang berbasis di Seattle.

"Saya menyesal melihat Melinda pergi, tapi saya yakin dia akan memberikan dampak besar dalam pekerjaan filantropisnya di masa depan," ucap pendiri Microsoft, Bill Gates dalam sebuah postingan di X.

Melinda Gates diketahui memiliki kekayaan bersih sebesar 11,3 miliar dolar AS atau setara Rp182 triliun, menurut Forbes. Dia mengelola sebagian investasi dan kegiatan amalnya melalui Pivotal Ventures miliknya. Perusahaan investasi yang didirikan pada tahun 2015 ini berfokus pada perempuan dan keluarga.

Rencana mundurnya Melinda dari Gates Foundation telah diketahui melalui kiriman telegram selama beberapa tahun. Sejak bercerai pada Mei 2021, keduanya mengatakan bahwa akan menjalani masa percobaan hingga tahun 2023 untuk menentukan apakah mereka dapat terus bekerja sama untuk mengawasi yayasan amal besar mereka.

Copyright ©2024 iNews.id. All Rights Reserved

Awesome
Needs Work
Contact

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)