NVIDIA Mau Bikin Prosesor Arm AI untuk PC Windows Seperti Snapdragon X Series • Jagat Review

 

NVIDIA Mau Bikin Prosesor Arm AI untuk PC Windows Seperti Snapdragon X Series • Jagat Review

NVIDIA kabarnya juga sedang mengembangkan prosesor PC Arm berbasis AI untuk ekosistem Windows on Arm (WoA). Saat ini, Qualcomm adalah satu-satunya pemain dalam pasar ini, namun prosesor baru dari NVIDIA diharapkan akan siap pada tahun 2025. Pernyataan ini justru datang dari Michael Dell.

Ada spekulasi bahwa NVIDIA akan menggunakan referensi core  CPU dari Arm, seperti Arm Cortex X5 “Blackhawk” untuk prosesor AI PC mereka. Prosesor ini diperkirakan akan dibuat dengan menggunakan node fabrikasi 3 nm yang paling canggih yang tersedia pada tahun 2025, seperti TSMC N3P. Teknologi ini juga digunakan oleh Apple dan Qualcomm untuk chip notebook mereka.

Gunakan iGPU NVIDIA Blackwell

Selain itu, NVIDIA juga kemungkinan mengintegrasikan iGPU berbasis arsitektur grafis “Blackwell”, yang mendukung akselerasi grafis tingkat tinggi seperti DirectX 12 Ultimate dan Vulkan. iGPU dengan tensor core ini kemungkinan besar juga akan berfungsi sebagai prosesor AI, untuk pemrosesan AI yang lebih optimal.

Baca Juga: Elon Musk Mau Bangun Superkomputer Miliaran Dolar AS untuk xAI • Jagat Review

Microsoft sendiri telah menetapkan standar untuk PC/Laptop yang mendukung untuk Copilot+ , yaitu memiliki NPU dengan kekuatan minimal 45 TOPS secar On-Device.  NVIDIA diyakini bakal  memenuhi kebutuhan ini dengan mudah. Apalagi NVIDIA sudah dikenal cukup mendominasi AI Computing di level cloud.

Selain itu, di tahun 2025, LPDDR6 diperkirakan akan menjadi standar umum untuk aplikasi mobile, termasuk smartphone, tablet, dan PC ultraportabel. Teknologi ini kemungkinan besar juga akan diimplementasikan oleh NVIDIA dalam prosesor AI PC mereka.

Jadi kemungkinan NVIDIA benar-benar akan terjun sebagai prosesor PC AI, bersaing dengan rival lainnya khususnya yang berbasis ARM yaitu Snapdragon dari Qualcomm dan M series dari Apple. Kita lihat saja kehadirannya nanti!

Sumber

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)