Transisi Selesai, Domain Twitter Kini Jadi X - detik

Pilot AI Sukses Kemudikan Jet Tempur F16 Milik AS - CNN Indonesia

 

Pilot AI Sukses Kemudikan Jet Tempur F16 Milik AS

Selasa, 07 Mei 2024 13:04 WIB

Angkatan Udara Amerika Serikat mengklaim sukses menerbangkan pesawat jet tempur F16 X-62A VISTA yang dikemudikan oleh pilot kecerdasan buatan. (Foto: Dok. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA))

Jakarta, CNN Indonesia 

--

Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) mengklaim sukses menerbangkan pesawat jet tempur F16 X-62A VISTA yang dikemudikan oleh pilot kecerdasan buatan (AI).

Penerbangan ini dilakukan oleh Menteri Angkatan Udara AS Frank Kendall. Ia mengudara dengan X-62A VISTA dari Pangkalan Angkatan Udara Edwards pada Kamis (2/5).

X-62A, yang dikenal juga sebagai VISTA (Variable In-flight Simulation Test Aircraft), adalah versi dimodifikasi dari jet tempur General Dynamics F-16D. Jet tempur ini telah digunakan oleh USAF sejak awal 1990-an untuk menguji coba teknologi canggih.

Jet tempur X-62A telah diintegrasikan ke dalam program Air Combat Evolution (ACE) milik Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA). Jey tempur ini juga mdilengkapi dengan pembelajaran mesin serta perangkat lunak khusus untuk mengeksplorasi kemungkinan terbang otonom.

Selama uji coba penerbangan, Kendall yang duduk di kursi depan ditemani oleh seorang pilot pengaman di kursi belakang. Ia berhasil menyelesaikan serangkaian titik uji coba tanpa menyentuh kontrol X-62A.

Uji coba ini melibatkan serangkaian manuver taktis dengan salah satunya skenario untuk merespons ancaman.

"Potensi pertempuran udara-ke-udara otonom telah dibayangkan selama beberapa dekade, tetapi kenyataannya masih menjadi mimpi yang jauh hingga sekarang," kata Kendall dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Aerotime.

"Ini adalah momen transformasional, semua dimungkinkan oleh pencapaian terobosan tim ACE," tambahnya.

Pada April 2024, Sekolah Pilot Uji Coba Angkatan Udara AS dan DARPA mengumumkan bahwa mereka telah menyelesaikan uji coba penerbangan pesawat tanpa awak melawan manusia untuk pertama kalinya. Uji coba penerbangan ini mengadu X-62A VISTA dengan pesawat F-16 berawak di atas Pangkalan Angkatan Udara Edwards.

(lom/dmi)

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin