10 Alternatif Rufus Terbaik untuk Windows, Linux, dan macOS | beebom

 

10 Alternatif Rufus Terbaik untuk Windows, Linux, dan macOS 

Rufus adalah perangkat lunak yang sangat populer untuk  membuat drive USB yang dapat di-boot di Windows . Ini memungkinkan Anda membuat USB yang dapat di-boot dari hampir semua OS yang ada, termasuk distro Windows dan Linux. Selain itu, Rufus juga ringan dan mem-flash drive USB dengan sangat cepat. Namun, salah satu kelemahan Rufus hanya tersedia di Windows. Oleh karena itu, jika Anda menggunakan OS lain dan mencari alternatif Rufus, berikut adalah 10 alternatif Rufus terbaik untuk Windows, Linux, dan macOS.

1. Penggores

Etcher memecahkan salah satu masalah dengan Rufus, yaitu ketersediaan multi-platform. Dan seperti Rufus, ia mendukung semua jenis image sistem seperti ISO, DMG, IMG, dll. Beberapa hal terbaik tentang Etcher adalah sifatnya yang open-source dan UI yang indah. Secara keseluruhan, cara kerjanya sama seperti Rufus — Anda memilih image sistem, dan stik USB, lalu klik Flash.

Selain itu, Etcher juga cukup cepat dalam mem-flash gambar dan cukup sebanding dengan Rufus. Meskipun demikian, fitur terbaik lainnya dari Etcher adalah Validasi Gambar yang memverifikasi image sistem dan drive yang dapat dilepas sebelum melakukan flashing. Ini akan membantu Anda menghemat waktu menulis gambar pada perangkat USB yang rusak.

Ketersediaan Platform : Windows, macOS, dan Linux

Instal :  Situs Web  (Gratis)

2. Ventilasi

Ventoy adalah alat luar biasa untuk Windows dan Linux. Ini memungkinkan Anda membuat USB multi-boot, alias USB yang dapat menyimpan banyak ISO untuk memberi Anda kemampuan untuk melakukan booting ke OS yang berbeda setiap saat. Ventoy sepenuhnya bersumber terbuka dan gratis untuk digunakan.

Jika Anda menyukai distro-hopping, sering memformat drive USB dan menginstal OS baru akan menghabiskan banyak waktu. Ventoy sangat bagus karena dapat menghemat waktu berharga itu dan Anda dapat menikmati waktu Anda berpindah-pindah distro daripada khawatir harus mem-flash USB lagi. Secara keseluruhan, ini adalah salah satu alternatif Rufus terbaik yang pernah ada.

Ketersediaan Platform : Windows, Linux

Instal: Situs Web ( Gratis)

3. KekuatanISO

PowerISO adalah pilihan ketiga kami untuk alternatif Rufus terbaik dalam daftar ini. Ini bukan hanya program untuk membuat drive USB yang dapat di-boot tetapi juga dilengkapi dengan sejumlah fitur lain seperti mengonversi berbagai format gambar ke ISO, pemasangan disk, drive virtual, dan banyak lagi. Selain itu, PowerISO dapat membuat drive USB yang dapat di-boot seperti Rufus dalam waktu singkat.

Yang kami sukai dari aplikasi ini adalah  aplikasi ini cukup cepat dalam mem-flash gambar dan tidak membebani pengguna dengan banyak opsi lanjutan . Namun perlu diingat, PowerISO hanya berfungsi di sistem operasi Windows. Jadi, jika Anda ingin membuat USB bootable Windows, PowerISO adalah salah satu alternatif terbaik untuk Rufus.

Ketersediaan Platform : Windows

Instal :  Situs Web  (Gratis, pembelian satu kali sebesar $29,95)

Media Creation Tool adalah aplikasi unik dalam daftar ini yang secara khusus dikembangkan oleh Microsoft untuk menginstal Windows 10 dengan lancar di PC.  Ini memungkinkan Anda mengunduh Windows 10 dari server Microsoft dan setelah itu membuat USB yang dapat di-boot secara otomatis . Anda tidak perlu melakukan apa pun secara manual. Itu luar biasa, bukan?

Berdasarkan arsitektur PC Anda, ia mendeteksi konfigurasi yang kompatibel dan mengunduh image ISO Windows 10 terbaru. Satu-satunya kelemahannya adalah, tidak seperti Rufus, dibutuhkan lebih banyak waktu untuk membuat drive USB yang dapat di-boot. Namun, jika Anda mencari aplikasi seperti Rufus, tetapi tanpa perlu repot mengunduh gambar dan memastikan kompatibilitasnya, Media Creation Tool adalah pengganti terbaik.

Ketersediaan Platform : Windows

Instal :  Situs Web  (Gratis)

5. UNetbootin

UNetbootin adalah alternatif Rufus yang populer untuk Ubuntu dan distribusi Linux lainnya. Ini adalah alat yang sangat ringan yang kompatibel dengan beberapa distro Linux. Bagian terbaiknya adalah UNetbootin tersedia di semua platform utama termasuk Windows, Linux, dan macOS.

Pada dasarnya,  Anda akan dapat  membuat drive USB bootable berbasis Linux  dari mesin apa pun  tanpa masalah apa pun. Kecepatan flashing dengan UNetbootin juga sangat cepat dan bisa menyaingi Rufus dengan mudah. Singkatnya, jika Anda menginginkan alternatif Rufus untuk mem-flash Ubuntu atau distro Linux lainnya, tidak ada pilihan yang lebih baik daripada UNetbootin. Ini sangat bagus.

Ketersediaan Platform : Windows, macOS, dan Linux

Instal :  Situs Web  (Gratis)

6. Celakalah USB

WoeUSB adalah aplikasi menarik yang memungkinkan Anda membuat drive USB Windows yang dapat di-boot pada mesin Linux. Pada dasarnya, jika Anda menggunakan Ubuntu atau distro Linux lainnya, Anda dapat menggunakan WoeUSB untuk mem-flash image ISO Windows pada drive yang dapat dilepas. Bagian terbaik tentang WoeUSB adalah, tidak seperti kebanyakan program Linux, ia memiliki antarmuka GUI dan Anda dapat membuat penginstal USB dalam beberapa klik.

Tidak perlu dipusingkan dengan perintah dan Terminal! Selain itu, ia mendukung Windows dari Vista hingga versi terbaru Windows 10. Dan kompatibel dengan BIOS Lama, partisi MBR, dan mode UEFI yang lebih baru. Secara keseluruhan, WoeUSB adalah anugerah bagi orang-orang yang menginginkan fitur seperti Rufus di Linux untuk membuat drive Windows yang dapat di-boot.

Ketersediaan Platform : Linux

Instal :  Situs Web  (Gratis)

7. es loli

Es loli adalah bagian dari ekosistem aplikasi Pop!_OS. Ini adalah flasher USB sederhana yang dapat digunakan untuk menginstal ISO berbeda ke beberapa drive USB secara bersamaan. Faktanya, ini adalah satu-satunya alat dalam daftar ini yang mendukung flashing ISO ke beberapa USB sekaligus.

Meskipun Popsicle dibundel dengan Pop!_OS, Anda dapat menginstalnya dari Flathub menggunakan perintah berikut di Linux. Ya, ini adalah alat khusus Linux. Maaf pengguna Windows.

sudo flatpak install popsicle

Ketersediaan Platform : Linux

8. Penginstal USB Universal

Penginstal USB Universal terutama dibuat untuk distribusi berbasis Linux, tetapi juga dapat mem-flash image ISO Windows dengan sempurna. Intinya,  Universal USB Installer adalah alternatif yang bagus untuk Rufus jika Anda menginginkan dukungan untuk image sistem Windows dan Linux.  Selain itu, alat ini sangat cepat dan dapat membuat drive USB yang dapat di-boot dalam hitungan menit.

Faktanya, ini sangat mirip dengan Rufus dalam hal kinerja dan kompatibilitas platform. Ada juga alat pemformatan USB internal yang dapat membantu Anda mengosongkan penyimpanan di stik USB Anda setelah instalasi. Sederhananya, Universal USB Installer adalah salah satu alternatif terbaik untuk Rufus dan Anda pasti bisa mencobanya.

Ketersediaan Platform : Windows dan Linux

Instal :  Situs Web  (Gratis)

9. Pencitra Disk Win32

Win32 Disk Imager adalah salah satu program tertua  untuk mem-flash utilitas tingkat rendah seperti sistem operasi berbasis Raspbian dan ARM pada kartu SD  dan stik USB. Sebenarnya, Win32 Disk Imager adalah alternatif Rufus karena kinerjanya luar biasa hebat dan kecepatan flashingnya berada pada levelnya sendiri.

Bukan hanya itu saja, antarmuka penggunanya sesederhana mungkin. Anda memberikan sumber gambar sistem dan memilih perangkat yang akan di-flash. Tekan "Tulis" dan Anda selesai. Singkatnya, jika Anda ingin membuat flash drive yang dapat di-boot untuk proyek kecil, Win32 Disk Imager akan membawa Anda pulang.

Ketersediaan Platform : Windows, Linux

Instal :  Situs Web  (Gratis)

10. TransMac

Jika Anda ingin membuat USB macOS yang dapat di-boot menggunakan PC Windows, maka TransMac adalah aplikasi yang bagus. Mirip dengan Rufus, yang harus Anda lakukan hanyalah mengunduh file macOS DMG dan mengimpornya ke TransMac. Selanjutnya, masukkan drive USB yang dapat di-boot dan TransMac akan memformat drive tersebut dalam format file APFS. Proses flashing sedikit lebih lama mengingat gambar DMG dienkripsi dan perbedaan sistem file.

Namun, sebagian besar aplikasi berfungsi dan  Anda dapat membuat media macOS yang dapat di-boot di komputer Windows . Dalam hal kinerja, ini agak lambat dan tidak sebanding dengan Rufus, tetapi menyelesaikan pekerjaannya. Kesimpulannya, jika Anda tidak memiliki Mac tambahan, TransMac adalah pilihan terbaik Anda.

Ketersediaan Platform : Windows

Instal :  Situs web  (uji coba gratis 15 hari, pembelian satu kali sebesar $59)

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)