7 Alternatif Rufus Terbaik Untuk Membuat USB Bootable Pada Tahun 2022 - Fossbytes

 

7 Alternatif Rufus Terbaik Untuk Membuat USB Bootable Pada Tahun 2022 - Fossbytes

Salah satu langkah pertama dalam mencoba sistem operasi adalah menginstal image sistem operasi tersebut pada drive USB. Rufus adalah salah satu alat yang paling banyak digunakan untuk membuat USB yang dapat di-boot, tetapi Anda mungkin tidak menyukainya karena UI-nya atau lambatnya komputer Anda. Oleh karena itu, dalam artikel ini, mari kita lihat beberapa alternatif Rufus terbaik untuk membuat USB yang dapat di-boot.

Alternatif Rufus terbaik

Ini bukan daftar peringkat. Alat-alat yang disebutkan dalam artikel ini tidak diurutkan dari yang terbaik ke yang terburuk atau sebaliknya. Meskipun demikian, berikut adalah beberapa alternatif Rufus terbaik.

1. balenaEtcher

Seperti Rufus, 'balenaEtcher' adalah alat sumber terbuka yang digunakan untuk mem-flash sistem operasi pada perangkat penyimpanan USB. Beberapa hal yang menarik dari alat ini adalah “Flashing tervalidasi” dan UI-nya. Ini juga merupakan salah satu alat flashing USB tercepat, menjanjikan flash hingga 50% lebih cepat.

Hasilnya, ini adalah salah satu alternatif Rufus terbaik yang dapat Anda coba. 'balenaEtcher' tersedia untuk semua platform—Windows, Linux, dan macOS.

2. Alat Pembuatan Windows Media

Jika Anda ingin membuat USB bootable Windows, Microsoft sudah memiliki Media Creation Tool. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengunduh alat tersebut, memasukkan drive USB Anda, dan memulai proses flashing. Alat ini akan secara otomatis mengunduh OS dan mulai mem-flash-nya di USB. Ini tidak hanya menghemat waktu Anda tetapi juga memori sistem.

Secara keseluruhan, jika yang perlu Anda lakukan hanyalah membuat USB bootable Windows untuk menginstal ulang atau memperbaiki Windows, Windows Media Creation Tool adalah salah satu alternatif Rufus terbaik.

3. Ventoy

Komunitas Linux menyukai Ventoy karena banyak alasan. Ini memungkinkan Anda untuk memiliki beberapa distro Linux dan Windows pada USB yang sama dan mem-boot ke masing-masing distro tersebut tanpa melakukan flashing setiap kali Anda ingin mencoba sistem operasi baru. Berikut artikel yang menjelaskan cara mengatur USB multi-boot menggunakan Ventoy.

Kelebihan lainnya dari Ventoy adalah bersifat open-source, artinya masyarakat umum dapat melihat kode aplikasinya. Oleh karena itu, Anda dapat yakin bahwa aplikasi tersebut tidak akan mencuri data Anda.

4. PowerISO

Jika Anda sudah lama menggunakan Windows, Anda mungkin pernah mendengar tentang PowerISO. Ini adalah alat yang cukup lama yang membantu Anda membakar ISO ke perangkat penyimpanan dalam waktu singkat. Selain membakar ISO, ia juga dapat mengekstrak file ISO dan membakar serta menyalin CD audio ke MP3 dan ekstensi lainnya.

Namun, salah satu kelemahan PowerISO adalah hanya tersedia di Windows. Jika Anda memiliki mesin Windows, ini bisa menjadi alternatif yang cukup bagus untuk Rufus.

5. UNetbootin

Kami menemukan UNetbootin sebagai perangkat lunak yang luar biasa dan menyebutkan UNetbootin dalam artikel “lima cara mudah untuk membuat media USB yang dapat di-boot di Ubuntu”. Alat ini juga tersedia di Windows dan macOS. Ini memiliki antarmuka pengguna yang cukup sederhana yang menyelesaikan pekerjaan.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengunduh Windows atau memilih distribusinya (atau basisnya, misalnya, jika Anda mencoba mem-flash Pop!_OS, pilih Ubuntu), telusuri dan pilih image ISO yang diunduh, masukkan drive USB, dan flash .

6. WoeUSB (khusus Linux)

Jika Anda menggunakan Linux dan ingin beralih kembali ke Windows, Anda dapat menggunakan WoeUSB. Berikut artikel kami tentang menginstal Windows pada USB di Linux menggunakan WoeUSB. Ingatlah bahwa WoeUSB adalah alat khusus Linux dan tidak tersedia di Windows.

Jika Anda ingin mem-flash distribusi Linux lainnya, alat seperti Popsicle, multi-writer GNOME, dan balenaEtcher tersedia di Linux.

7. Es loli (khusus Linux)

Popsicle adalah flasher USB yang dikirimkan bersama Pop!_OS, salah satu distribusi Linux paling populer. Salah satu fitur terbaik alat ini adalah memungkinkan Anda mem-flash ISO ke beberapa perangkat USB secara bersamaan.

Jika Anda tidak menggunakan Pop!_OS, Anda masih dapat mengunduh Popsicles dengan menambahkan repositori System76, atau yang terbaik, menggunakan Flatpak. Secara keseluruhan, ini adalah salah satu alternatif Rufus terbaik yang dapat Anda coba di Linux.

Kesimpulan: Pilihan Editor

Nah itulah beberapa alternatif Rufus terbaik yang bisa Anda coba. Misalkan Anda masih bingung ingin menggunakan yang mana. Dalam hal ini, kami merekomendasikan 'balenaEtcher' dan 'Ventoy.' Untuk pengguna Linux, 'WoeUSB' untuk pembuatan media Windows, 'Ventoy', 'balenaEctcher', dan 'Popsicle' semuanya bisa digunakan.

Apakah Anda mengetahui alat lain yang menurut Anda layak untuk dimasukkan dalam daftar ini? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)