AMD Ryzen Generasi Terbaru Tidak Lagi Mendukung Windows 10 - winpoin

 

AMD Ryzen Generasi Terbaru Tidak Lagi Mendukung Windows 10

Gylang Satria

Pada event Computex 2024, AMD dan Intel memperkenalkan jajaran prosesor baru termasuk Intel yang memberikan pengumuman mengenai dimatikannya fitur hyper threading untuk mendapatkan optimasi kinerja yang lebih baik.

Nah sementara itu, AMD juga mengumumkan processor ZEN 5 bersama dengan jajaran CPU desktop dan laptop yang akan ditenagai olehnya. Nah menariknya generasi terbaru ini kabarnya tidak akan lagi mendukung Windows 10 dengan driver hanya akan tersedia untuk versi Windows 11 saja.

Dari situs resminya, spesifikasi dari ZEN 5 seperti SKU Ryzen AI 300, HX 370 dan 365, tidak mencantumkan Windows 10 dalam daftar OS yang didukung dimana masing masing hanya menyebutkan Windows 11 64bit, RHEL x86 64-Bit, Ubuntu x86 64-Bit.

Sementara itu, untuk SKU Ryzen 9000, dalam halaman resminya masih menyebutkan Windows 10 sebagai sistem operasi yang didukung.

Nah dengan adanya kabar ini, para pengguna yang berencana untuk menggunakan processor Ryzen AI 300, HX 370 dan 365 tentunya harus memulai dengan Windows 11 karena memang jika dipaksakanpun kemungkinan driver yang akan tersedia cukup terbatas, sementara itu jika pengguna ingin membeli processor Ryzen 9000 itu tidak ada masalah karena tampaknya masih akan mendukung Windows 10 dan Windows 11.

Namun mari kita lihat nanti, apakah akan ada pengguna yang mencoba instalasi Windows 10 pada generasi terbaru processor Ryzen atau tidak? mengingat Windows 10 sendiri sudah hampir mencapai akhir dukungannya.

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Next Post

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)