Apple Dituduh Bayar Gaji 12.000 Pekerja Perempuan Lebih Kecil ketimbang Karyawan Pria - Liputan 6

 


Apple Dituduh Bayar Gaji 12.000 Pekerja Perempuan Lebih Kecil ketimbang Karyawan Pria

Apple kena gugatan class action yang menuduh membayar sekitar 12.000 karyawan perempuan di California lebih kecil dibandingkan pria dengan pekerjaan serupa.

Liputan6.com, Jakarta - Apple kena gugatan yang menuduh membayar sekitar 12.000 pekerja perempuan di California lebih kecil dibandingkan laki-laki dengan pekerjaan serupa.

Gugatan yang diajukan ke pengadilan negara bagian di San Francisco oleh dua wanita yang telah bekerja di Apple selama lebih dari satu dekade itu mengklaim bahwa Apple secara sistematis membayar lebih rendah kepada pekerja perempuan di divisi teknik, pemasaran, dan AppleCare.

"Apple membayar gaji dengan nilai yang sama dengan karyawan terdahulu sehingga mengakibatkan tingkat gaji lebih rendah bagi perempuan," demikian menurut pengaduan tersebut, dikutip dari , Minggu (16/6/2024).

Gugatan itu juga mengklaim bahwa sistem evaluasi kinerja Apple, yang digunakan untuk menetapkan kenaikan gaji dan bonus, bias terhadap perempuan.

Apple yang berbasis di Cupertino, California dalam sebuah pernyataan mengatakan pihaknya berkomitmen terhadap inklusi dan kesetaraan pembayaran.

“Sejak 2017, Apple telah mencapai dan mempertahankan kesetaraan upah dan setiap tahun kami bermitra dengan pakar pihak ketiga independen untuk memeriksa total kompensasi setiap anggota tim dan melakukan penyesuaian, jika diperlukan, untuk memastikan bahwa kami menjaga kesetaraan gaji,” Apple menjelaskan.

Pengacara penggugat, Eve Cervantez, mengatakan praktik Apple telah melanggengkan dan memperluas kesenjangan upah .

“Ini adalah situasi yang tidak menguntungkan bagi karyawan perempuan di Apple,” kata Cervantez dalam sebuah pernyataan.

 

2 dari 4 halaman

Didukung 3 Firma Hukum

Penggugat diwakili oleh firma hukum class action Outten & Golden, Cohen Milstein Sellers & Toll, dan Altshuler Berzon.

Perusahaan-perusahaan tersebut menjadi perantara penyelesaian besar-besaran dalam kasus-kasus bias seks lainnya, termasuk kesepakatan senilai USD 215 juta dengan Goldman Sachs pada tahun lalu.

California sejak tahun 2018 melarang pemberi kerja menanyakan pelamar kerja tentang riwayat gaji mereka, dengan tujuan menghilangkan kesenjangan gaji berdasarkan jenis kelamin dan ras.

Namun, Apple malah mengandalkan ekspektasi gaji pelamar kerja untuk menetapkan gaji mereka.

 

3 dari 4 halaman

Pelecehan Seksual

"Apple juga memberikan penghargaan kepada karyawan yang dianggap memiliki 'bakat' dengan membayar mereka lebih banyak, namun secara tidak proporsional memberikan penunjukan tersebut kepada karyawan pria," klaim penggugat.

Gugatan itu menuduh Apple melanggar Equal Pay Act California, yang melarang diskriminasi jenis kelamin dalam upah, serta undang-undang negara bagian yang melarang bias seks di tempat kerja dan praktik bisnis yang tidak adil.

Salah satu penggugat, Justina Jong, juga mengklaim bahwa Apple menolak memindahkannya ke tim lain setelah dia mengeluhkan pelecehan seksual yang dilakukan rekan kerjanya.

Gugatan tersebut meminta ganti rugi dan hukuman yang belum ditentukan.

4 dari 4 halaman

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Baca Juga

Video Terkini

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin