Cara Cek IndiHome Gangguan, Segera Lakukan Hal Ini | kumparan

 

Cara Cek IndiHome Gangguan, Segera Lakukan Hal Ini | kumparan

sosmed-whatsapp-green

kumparan Hadir di WhatsApp Channel

Cara cek IndiHome gangguan atau tidak adalah dengan memperhatikan tanda-tanda yang muncul. Gangguan pada IndiHome bisa terjadi akibat router penggunanya atau dari pusat.

IndiHome merupakan salah satu produk dari perusahaan telekomunikasi Telkom yang menyediakan layanan komunikasi dan data seperti telepon rumah, internet, dan layanan televisi interaktif. Tetapi, pengguna yang paling banyak adalah layanan WiFi.

WiFi IndiHome memiliki pengguna terbanyak di Indonesia karena jaringannya sudah mampu mencapai pelosok negeri. Apalagi saat kebutuhan internet semakin meningkat seperti saat ini.

Terkadang, ketika berselancar dengan internet, proses yang lambat seringkali terjadi. Bisa jadi hal tersebut disebabkan internet IndiHome mengalami gangguan atau website yang kamu buka sedang down.

Untuk memastikan penyebabnya, maka kamu perlu tahu cara cek IndiHome yang mengalami gangguan. Simak cara cek IndiHome lemot di bawah ini.
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada dua jenis gangguan IndiHome yang membuat internet menjadi lebih lambat. Pertama, karena router-nya dan kedua adanya gangguan dari pusat.

Gangguan pada router bisa dilihat dengan mengamati lampu indikatornya. Jika ada masalah yang terdeteksi pada router, kamu bisa segera menyelesaikannya sesuai dengan penyebabnya. Beberapa masalah bisa dengan cara restart atau reset router.

Berikut ini adalah beberapa tanda-tanda yang bisa kamu lihat pada router IndiHome:

  • Lampu Indikator PON: hijau artinya normal dan merah artinya sedang terjadi gangguan akibat belum registrasi ONT.

  • Lampu Indikator LOS: mati artinya normal namun jika berwarna merah artinya sinyal yang diterima ONT abnormal.

  • Lampu Indikator WLAN: hijau artinya WLAN enable sedangkan mati artinya WLAN disable.

  • Lampu Indikator POTS: jika berwarna merah maka artinya ONT sudah teregistrasi di SS/IMS namun tidak ada traffic yang ditangkap. Jika mati, maka artinya belum teregistrasi di SS/IMS dan jika flashing artinya sedang ada percakapan yang terjadi.

  • Lampu Indikator LAN: saat lampu berwarna merah berarti port sudah terkoneksi tapi tidak ada data yang terkirim. Namun, jika lampu indikator mati artinya tidak ada koneksi dan lampu flashing tandanya sedang ada percakapan yang berlangsung.

Sementara, gangguan pada server pusat biasanya tidak ada tanda yang bisa diamati dari router. Kamu merasakan internet yang lebih lemot atau tidak bisa digunakan.

IndiHome seringkali memberikan peringatan di akun media sosial mereka jika terjadi gangguan di server pusat dan segera melakukan perbaikan. Selain itu, pengguna IndiHome lain juga akan membagikan keluhan yang sama.

Kamu bisa cek gangguan ini dengan membuka akun media sosial IndiHome di Facebook, Twitter, dan Instagram dengan username @IndiHome.

Pengguna bisa melaporkan gangguan yang terjadi pada IndiHome call center Jakarta [kode area]+147 atau mengirim keluhan ke email customercare@telkom.co.id.

Selain itu, pengguna juga bisa mengirim direct message terkait gangguan ke Facebook, Twitter, dan Instagram @IndiHomeCare. Pihak IndiHome akan segera membantu masalah kamu.

Itulah beberapa cara cek IndiHome gangguan, yaitu dengan memperhatikan lampu indikatornya. Namun, jika gangguan terjadi pada server pusat, pihak IndiHome akan memberikan pengumuman.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin