Copilot di Windows 11 Jadi Aplikasi Web Tanpa Keyboard Shortcut Khusus! | WinPoin

 

Copilot di Windows 11 Jadi Aplikasi Web Tanpa Keyboard Shortcut Khusus! | WinPoin

Beberapa waktu lalu Microsoft merilis Windows 11 Insider Canary Build 26227 dimana dalam build tersebut ada satu hal yang baru nih dimana Copilot kini telah berubah dan integrasi dengan sistem telah dihilangkan.

Mengenai hal tersebut, kini pengalaman Copilot telah menjadi layaknya aplikasi umumnya guys dimana kita bisa memindahkannya, resize, maximize, minimize dan hal lainnya layaknya aplikasi umum biasanya.

Perubahan ini sendiri telah dikonfirmasi Microsoft satu minggu lalu dimana Aplikasi Copilot akan mendapatkan tampilan baru mirip ChatGPT.

Akibat perubahan ini, tombol Copilot tidak lagi ada di System Tray dan sebaliknya, itu akan menjadi aplikasi yang pin di Taskbar, yang dapat pengguna unpin dan uninstall dari komputer pengguna kapan saja.

Selain itu, karena kini telah menjadi aplikasi web, Copilot tidak lagi memiliki kemampuan untuk mengubah pengaturan sistem seperti saat ini, bahkan Microsoft telah menghapus keybord shortcut Windows + C” untuk Copilot.

Kemudian, menurut temuan pembaca WinPoin @Sahal Rahman pada komentar artikel yang membahas fitur AI di Windows 11 24H2, ada beberapa perbedaan mencolok dari Copilot yang ada saat ini dan Copilot yang ada di Insider Canary dimana itu mencakup :

Conversation Style hanya tersedia Balanced saja tidak lagi ada opsi Creative, Balanced, Precise (namun mungkin nanti akan diperbarui lagi), kemudian Chat Attachments hanya ada Image dan tidak lagi menyertakan Image, Screenshot, dan Voice.

Selanjutnya Plugin yang jadi terbatas, hilangnya Compose dan hanya ada Notebook saja.

Secara umum, Copilot telah di downgrade (untuk saat ini) namun mungkin nanti akan mendapatkan peningkatan seiring waktu berjalan. Nah perubahan ini sendiri sebenarnya bukan hanya terjadi di Insider Canary saja karena beberapa pengguna Insider Dev sendiri telah mengkonfirmasi kehadiran dari perubahan tersebut.

Cocoklogi WinPoin! – Bocoran Sebenarnya Sudah Dari 2 Bulan Lalu!

Jika kita ingat kembali sekitar dua bulan lalu Microsoft telah menambahkan Aplikasi Copilot Baru Via Update Edge yang akan muncul pada halaman Settings.

Awalnya Microsoft tentu membantah adanya aplikasi baru dan mengklaim bahwa hal ini hanyalah bug saja dimana mereka tidak singaja mengirimkan aplikasi tersebut melalui pembaruan Microsoft Edge, bahkan saat itu diketahui bahwa menghapus aplikasi ini tidak akan mempengaruhi kemampuan Copilot, Edge atau Windows.

Namun menurut saya mungkin saja itu adalah bocoran dimana Microsoft memang berencana untuk mengganti Copilot yang telah ada menjadi Copilot versi Web seperti yang telah diumumkan Minggu lalu.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihannya tentu aplikasi Copilot selain dapat dilepas dari sistem kini aplikasi dapat berjalan seperti aplikasi umum lainnya, kita bisa memindahkannya, memperkecil/ memperbesarnya, dan hal lain tanpa terpaku pada copilot yang menempel disisi kanan layar.

Namun kekurangannya tentu adalah karena Copilot telah di downgrade, mirip seperti Cortana dahulu dimana kini Copilot tidak lagi memiliki kemampuan seperti mengubah pengaturan sistem dan hal keren lainnya.

Perubahan ini kini telah mulai diluncurkan bagi pengguna Insider Dev dan Canary, jika kamu telah menggunakan kedua build insider tersebut apakah kamu memiliki pendapat pribadi dari perubahan Copilot? coba komen dibawah guys. Jujur saja saya lebih suka Copilot yang ada saat ini di Windows 11 23H2 daripada yang ada di Insider Dev dan Canary.

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)