Google Translate Dukung 110 Bahasa Baru, Ada Betawi Sampai Madura - detik

 

Google Translate Dukung 110 Bahasa Baru, Ada Betawi Sampai Madura

Jakarta 

-

Google Translate menambahkan dukungan untuk 110 bahasa baru di layanan penerjemahnya. Update ini juga menghadirkan sejumlah bahasa daerah di Indonesia yang kini bisa diakses pengguna Google Translate.

Dari laman dukungan Google, sejumlah bahasa daerah di Indonesia yang kini bisa diakses di Translate termasuk Bahasa Aceh, Bali, Betawi, Madura, Makassar, dan Minang. Bahkan Google Translate juga mendukung Bahasa Batak dalam tiga dialek yaitu Batak Karo, Batak Simalungun, dan Batak Toba.

Selain bahasa daerah di Indonesia, update kali ini juga mendukung bahasa dan daerah dari negara lain seperti Afar, Kanton, Manx, Nko, Punjabi (Shahmukhi), Tamazight (Amazigh), dan Tok Pisin. Google mengatakan bahasa yang baru ditambahkan mewakili 614 juta orang atau sekitar 8% dari populasi dunia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Google Translate bisa mempelajari ratusan bahasa baru ini menggunakan model AI PaLM2 miliknya. Google mengatakan model AI ini sangat bagus dalam mempelajari bahasa yang berhubungan dengan bahasa lain.

Dalam postingan blognya, Google mengatakan mereka mempertimbangkan elemen seperti variasi regional, dialek, dan standar pengejaan yang berbeda saat menambahkan dukungan bahasa baru di Translate.

"Pendekatan kami adalah memprioritaskan variasi yang paling banyak digunakan di masing-masing bahasa," kata Software Engineer Google Isaac Caswell, seperti dikutip dari TechCrunch, Jumat (27/6/2024).

Google mengatakan ratusan bahasa yang baru ditambahkan memiliki tingkat penggunaan yang berbeda-beda. Ada bahasa yang sudah lama diminta dan memiliki 100 juta penutur, seperti Kanton, ada juga beberapa di antaranya yang tidak memiliki penutur aktif tapi masyarakat masih berupaya untuk melestarikan bahasa tersebut.

Sebelum pembaruan ini, Google Translate sudah mendukung 133 bahasa. Kini total bahasa yang didukung Google Translate mencapai 243 bahasa. Daftar lengkap bahasa yang baru ditambahkan ke Google Translate dapat dilihat di laman berikut ini.

Penambahan 110 bahasa baru ke Google Translate merupakan bagian dari inisiatif Google untuk mendukung 1.000 bahasa lewat AI yang diumumkan pada tahun 2022. Pada tahun yang sama, Google menambahkan 24 bahasa baru dengan bantuann Zero-Shot Machine Translation.


(vmp/vmp)

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin