Komisi I Bakal Panggil Menkominfo jika PDN Masih Bermasalah - Kompas

 

Komisi I Bakal Panggil Menkominfo jika PDN Masih Bermasalah

Kompas.com - 24/06/2024, 20:06 WIB
Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid saat mengikuti Rapat Komisi I DPR RI
Lihat Foto
Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid saat mengikuti Rapat Komisi I DPR RI(DOK. Dpr.go.id)
Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid saat mengikuti Rapat Komisi I DPR RI

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid menegaskan, akan memanggil Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi jika gangguan pada sistem pusat data nasional (PDN) belum juga selesai beberapa hari ke depan.

"Kalau dalam beberapa hari ke depan belum ada perbaikan, kita akan panggil Menkominfo," kata Meutya di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (24/6/2024).

Meutya belum bisa menyampaikan kapan pastinya Komisi I akan memanggil Budi Arie.

Komisi I, sebut dia, akan menunggu pernyataan pemerintah terkait akar masalah gangguan PDN.

"Karena yang utamanya juga adalah mencari tahu ini masalahnya apa. Apakah ada malfungsi di tingkat cyber security kita atau memang ada serangan. Nah ini kita tunggu pernyataan dari pemerintah, mana penjelasan itu. Kami juga di DPR juga menunggu," ujarnya.

Politikus Partai Golkar ini mengakui pemerintah belum sepenuhnya memulihkan gangguan PDN.

Namun, menurutnya, pemerintah sudah melakukan langkah-langkah sejauh ini. Hanya belum pulih sempurna.

Lebih jauh, menanggapi adanya gangguan tersebut, Meutya melihat pentingnya Rancangan Undang-undang Ketahanan Siber dimiliki Indonesia. Rencana mewujudkan Undang-undang itu akan dilaksanakan periode DPR mendatang.

"Itu periode depan ya, kalau sekarang enggak keburu lagi nih. Tapi penting untuk juga punya RUU Ketahanan Siber," ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, sistem PDN mengalami gangguan hingga membuat layanan keimigrasian di sejumlah bandara, termasuk Bandara Soekarno-Hatta, terganggu sejak Kamis (20/6/2024).

Pada Sabtu (22/6/2024), Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan sebelumnya mengungkapkan, sejumlah layanan terkait keimigrasian telah kembali beroperasi. Seperti, layanan paspor dan visa.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan, Polri masih mengumpulkan data terkait adanya gangguan sistem PDN Kementerian Kominfo.

Kapolri menyebutkan, Polri sedang mendalami data-data tersebut bersama BSSN.

"Kita sedang mengumpulkan informasi, dan sedang kita dalami bekerja sama dengan BSSN apakah kendala teknis atau ada hal lain," ujar Sigit di The Tribrata Darmawangsa, Jakarta, Senin pagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca Juga

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)