Kronologi PDNS 2 Diserang Ransomware Brain Cipher, Upaya Penonaktifan Windows Defender Terjadi sejak 17 Juni - inews

 

Kronologi PDNS 2 Diserang Ransomware Brain Cipher, Upaya Penonaktifan Windows Defender Terjadi sejak 17 Juni

JAKARTA, iNews.id - Serangan ransomware ke Pusat Data Nasional (PDNS) 2 mencuri perhatian publik. Menkominfo Budi Arie Setiadi mengungkapkan kronologi PDNS 2 diserang ransomware Brain Cipher.

Menkominfo Budi Arie Setiadi menghadiri rapat kerja dengan Komisi I DPR. Dalam pertemuan tersebut, Menkominfo mengungkapkan kronologi penyerangan ransomware di PDNS 2.

Pada slide yang telah dipersiapkan Kominfo terungkap terjadi gangguan pada PDNS 2 berupa serangan siber dalam bentuk ransomware bernama Brain Cipher. 

Usai penemuan ransomware, ditemukan upaya penonaktifan fitur keamanan Windows Defender mulai 17 Juni pukul 23.15 WIB. Ini memungkinkan aktivitas malicious (berbahaya) beroperasi. 

Selanjutnya, aktivitas malicious mulai terjadi pada 20 Juni 2024 pukul 00.54 WIB di antaranya instalasi fail malicious, penghapusan file system penting, dan penonaktifan layanan berjalan. Selanjutnya, pada 20 Juni 2024 pukul 00.55 WIB Windows Defender mengalami crash dan tidak beroperasi. 

Dalam pemaparan di rapat Komisi I DPR Menkominfo Budi Arie juga membenarkan adanya permintaan tebusan senilai 8 juta dolar AS atau sekira Rp131 miliar.

"Betul para pelaku meminta uang  8 juta dolar AS," katanya. 

Sekadar informasi, ransomware adalah jenis perangkat perusak yang mencegah pengguna mengakses sistem, baik dengan mengunci layar sistem atau file pengguna hingga uang tebusan dibayarkan.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin