Mengenal Apa Itu Neural Processing Unit | WinPoin

 

Mengenal Apa Itu Neural Processing Unit | WinPoin

Dalam beberapa bulan ini cukup ramai diperbincangkan mengenai teknologi NPU, singkatnya NPU atau Neural Processing Unit sendiri merupakan sebuah chip yang dirancang untuk mempercepat tugas AI lebih cepat dan efisien dibandingkan CPU dan GPU.

Seiring dengan pesatnya kemajuan AI di dunia ini, kebutuhan akan NPU pada komputer akan menjadi suatu kebutuhan, karena seperti yang kita tahu kini semuanya sudah hampir serba AI, baik dalam ranah sistem operasi bahkan hingga aplikasi.

Lalu Apa Itu Neural Processing Unit?

NPU merupakan akselerator perangkat keras khusus untuk tugas artificial intelligence (AI) (AI) dan machine learning  (ML), dan kinerjanya diukur dalam TOPS.

TOPS sendiri merupakan singkatan dari Tera Operations Per Second, dimana pada dasarnya menggambarkan berapa triliun operasi matematika yang dapat dilakukan NPU dalam satu detik.

Baca Juga : Copilot vs Recall, Apa Bedanya?

Nah tentu NPU memiliki perbedaan antara Central Processing Unit (CPU) tradisional dan Graphics Processing Unit (GPU) dimana NPU dioptimalkan untuk menangani komputasi kompleks yang diperlukan oleh algoritme deep learning, sehingga sangat efisien dalam memproses tugas-tugas AI seperti pemrosesan natural language processing, image analysis, dan lainnya.

NPU Sangat Penting Bagi AI

Semejak meningkatnya permintaan akan aplikasi AI mulai dari voice recognition di Virtual Assisten hingga real-time language translation dan facial recognition, tentu NPU sangat dibutuhkan karena NPU memiliki keungulan dengan dapat menjalankan algoritme AI dengan lebih cepat dan efisien dibandingkan CPU dan GPU.

Nah awalnya, NPU sendiri tersedia di perangkat Smartphone dengan fungsi utuk meningkatkan fitur seperti fungsi kamera, keamanan dan masa pakai battery.

Diketahui Kirin 970 merupakan processor pertama yang hadir dengan NPU dedicated. Namun seiring berjalannya waktu dan semakin berkembangnya teknologi AI, NPU dengan cepat masuk ke domain baru termasuk komputer dan laptop.

Baca Juga : Inilah Perangkat Copilot+ PC Yang Baru Diumumkan!

Kenapa NPU Diperlukan di Sistem Operasi Windows

Seperti yang kita tahu, Microsoft tampaknya ingin melakukan dominasi pasar AI dengan menghadirkan banyak fitur AI berbagai layanannya, baik dalam sistem operasi Windows, hingga ke Search engine Bing mereka.

Di Windows 11 sendiri, NPU sangat diperlukan agar pengguna bisa mendapatkan fitur penuh dari sistem operasi tersebut, sebut saja fitur Recall, Live Caption, Studio Effects dan beberapa fitur AI lainnya.

Bahkan, Microsoft telah membuat sertifikasi khusus yang disebut Copilot+ dengan NPU yang memiliki tenaga 45 TOPS dan 16 GB RAM. Dimana perangkat dengan sertifikasi Copilot+ sudah pasti akan mendapatkan fitur AI penuh yang ditawarkan.

Baca Juga : Microsoft Berikan Detail Tambahan Mengenai Fitur AutoSR Untuk Perangkat Copilot+

Selain itu, ada cukup banyak aplikasi yang kini telah menerapkan teknologi AI didalamnya, mulai dari aplikasi Notes seperti Notion, hingga aplikasi editing seperti Adobe Photoshop telah memiliki AI, dengan itu NPU akan sangat dibutuhkan agar proses AI dapat lebih cepat dan tidak terlalu membebani CPU dan GPU yang pengguna miliki.

Lalu Apakah Kita Perlu NPU?

Meskipun memang NPU sangat diperlukan bagi AI, namun apakah kita sebagai pengguna benar benar membutuhkan NPU?

Jawabannya tentu kembali lagi tergantung pada cara pengguna menggunakan perangkat komputer atau laptop. CPU dan GPU generasi yang ada saat ini sebenarnya sudah cukup untuk menyelesaikan tugas sehari-hari. Namun, bagi mereka yang mempelajari aplikasi intensif AI, seperti pengeditan video, 3D modelling , atau pengembangan perangkat lunak yang berfokus pada AI, memiliki NPU dapat meningkatkan kinerja dan efisiensi secara signifikan.

Meskipun begitu, perlu diingat bahwa penerapan NPU di PC ini masih dalam tahap awal. Namun seiring berjalannya waktu dan semakin matang dan meluasnya teknologi, NPU tentu akan memainkan peran yang lebih penting dimasa depan dengan menawarkan peningkatan kemampuan bagi developer dan end user.

Nah jadi, apakah kamu membutuhkan NPU? komen dibawah guys.

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Next Post

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin